Partai-Partai di Sudan Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

0
136

Khartoum, LiputanIslam.com –  Berbagai partai di Sudan, Jumat (23/10/2020), menegaskan penolakan mereka terhadap keputusan pemerintah transisi negara ini menormalisasi hubungan dengan Rezim Zionis Israel.

Partai Kongres Sudan yang dipimpin oleh Hassan al-Turabi mengumumkan pihaknya “menolak normalisasi dengan Israel, tapi menyambut baik pencabutan nama Sudan dari daftar negara yang mensponsori terorisme.”

Partai Baath Sudan, yang merupakan anggota Kekuatan untuk Kebebasan dan Perubahan (FFC), mengumumkan bahwa mereka telah memulai “kontak politik dan sosial untuk membentuk front nasional melawan normalisasi dengan Israel.”

Sebelumnya, dalam pernyataan bersama pada hari itu para pemimpin Amerika Serikat, Israel dan Sudan secara resmi mengumumkan bahwa Khartoum dan Tel Aviv telah mencapai kesepakatan untuk menormalisasi hubungan antara keduanya.

Sekjen Partai Umat Sudan, Al-Watheq Al-Barir, mengumumkan pertemuan darurat partai ini pada hari Sabtu (24/10/2020) untuk membahas sikapnya terhadap keputusan pemerintah tersebut.

Dia mengatakan, “PSikap kami sebagai partai mengenai penghapusan nama Sudan dari daftar negara yang mensponsori terorisme berdasarkan konstanta yang berprinsip adalah bahwa itu diperoleh tepat setelah revolusi Desember yang gemilang. Mantan rezimlah yang menyebabkan pemberlakuan terorisme pada bangsa Sudan.”

Dia menambahkan, “Penghapusan nama Sudan dari daftar terorisme terkait dengan pemerasan politik, dan hak normalisasi harus diserahkan kepada pemerintah demokratis yang memiliki legitimasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan atas nama rakyat.”

Kamis lalu, Ketua Partai Umat Sudan, Al-Sadiq Al-Mahdi, dalam keterangan pers menyatakan partainya akan menarik dukungannya kepada pemerintah transisi jika memutuskan untuk normalisasi dengan Israel. (mm/rta)

Baca juga:

Trump Umumkan Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan dengan Israel

Palestina Sebut Normalisasi Hubungan Sudan dengan Israel “Pengkhianatan Baru”

DISKUSI: