Parlemen Arab Kutuk Serangan Turki di Suriah

0
197

Amman, LiputanIslam.com –  Uni Antar-Parlemen Arab (AIPU) mengutuk keras apa yang mereka sebut praktik tidak manusiawi dan serangan tanpa henti pasukan militer Turki dan sekutunya terhadap penduduk di wilayah utara Suriah.

“Dengan keprihatinan besar AIPU memantau tindakan tidak manusiawi Turki dan kelompok-kelompok teroris yang terkait dengannya terhadap saudara kami orang-orang Suriah, serta serangan terus-menerus mereka di tanah Suriah dengan dalih palsu yang hanya menyingkap keinginan mereka untuk agresi militer yang tidak dapat dibenarkan dan mencolok,” bunyi pernyataan AIPU yang dirilis pada hari Kamis (27/8/2020).

AIPU mendesak pemerintah Ankara agar “menghormati hak-hak tetangga dan hubungan yang mengikat Turki dengan dunia Arab”. AIPU menekankan bahwa praktik demikian alih-alih menumbuhkan stabilitas di kawasan justru memicu konflik lebih banyak.

Organisasi yang berbasis di Amman, ibu kota Yordania, itu juga mendesak masyarakat internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera campur tangan dan mengakhiri pelanggaran pasukan Turki dan militan sekutunya terhadap penduduk dan wilayah Suriah.

AIPU  menegaskan “dukungan penuh untuk Suriah karena mempertahankan kedaulatan dan bangsanya,” dan berkeyakinan bahwa Damaskus dapat dengan baik mempertahankan kedaulatan dan wilayah Suriah. (mm/presstv)

Baca juga:

[Video]: Konvoi Militer Rusia Kepung Kendaraan Militer AS di Suriah

Liga Arab Tolak Permintaan Palestina Soal Sidang Darurat

DISKUSI: