Liga Arab Tolak Permintaan Palestina Soal Sidang Darurat

0
100

Kairo,LiputanIslam.com-Kendati Palestina telah meminta penyelenggaran sidang darurat pasca deklarasi kesepakatan UEA-Israel, Liga Arab mengumumkan bahwa sidang biasanya akan diadakan September nanti.

Kantor berita Palestina mengabarkan, Sekjen Liga Arab Ahmed Aboulgheit telah mengontak Ketua PNA Mahmoud Abbas. Aboulgheit memberitahu Abbas bahwa sidang mendatang para menlu Liga Arab akan dilangsungkan 9 September nanti dengan diketuai Pemerintah Palestina.

Ini berarti bahwa permintaan Palestina untuk mengadakan sidang darurat telah ditolak.

Pekan lalu, PNA meminta agar sidang darurat dilangsungkan segera, menyusul dideklarasikannya kesepakatan antara Abu Dhabi dan Tel Aviv.

“Kesepakatan UEA-Israel lebih layak dibahas dalam sebuah sidang darurat, daripada dibahas di sidang biasa,”kata Washil Abu Yusuf, anggota Komite Eksekutif PLO, kepada Reuters.

Ia menambahkan, Palestina akan memimpin sidang mendatang Liga Arab. Agenda utama sidang adalah kesepakatan UEA-Israel serta keluarnya Abu Dhabi dari kemufakatan dan perdamaian Arab.

Kamis pekan lalu, Washington, Abu Dhabi, dan Tel Aviv dalam statemen bersama mengumumkan normalisasi hubungan Israel-UEA yang dimediasi oleh Trump.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah laporan mengungkap hubungan di balik layar antara beberapa negara Arab dengan Rezim Zionis. Negara-negara Arab ini dikabarkan menjalin hubungan keamanan dengan Tel Aviv. (af/alalam)

Baca Juga:

Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel

UEA Akan Segera Dirikan Kedutaan di Tel Aviv

DISKUSI: