[Video]: Konvoi Militer Rusia Kepung Kendaraan Militer AS di Suriah

0
205

Hasakah, LiputanIslam.com –  Tentara Rusia telah mengejar kendaraan militer Amerika Serikat (AS) yang sedang bergerak di wilayah pedesaan di provinsi Hasakah di bagian timur laut Suriah sehingga beberapa tentara AS mengalami cidera dalam peristiwa ini.

Menurut laporan lapangan dari timur laut Suriah, kendaraan militer Rusia bersama dengan satu unit helikopter mereka pada hari Selasa (25/8//2020), terlihat mengejar kendaraan militer AS di dekat perbatasan distrik Al-Malikiyah di bagian timur Hasakah.

Setidaknya dua video yang merekam insiden tersebut dirilis pada hari Rabu (26/8/2020), dan di situ terlihat tentara Rusia berusaha mencegat kendaraan militer AS.

Di salah satu video yang berdurasi lebih panjang terlihat helikopter Rusia mengitari pasukan AS yang sedang melakukan perjalanan melalui distrik Al-Malikiyah.

Menurut RT Arabic, video itu merekam pergerakan kendaraan lapis baja International MaxxPro di pihak AS,  serta kendaraan pengangkut personil lapis baja 82A, kendaraan lapis baja model Tigger dan Typhoon, serta kendaraan Ural dan helikopter Mi-8 di udara di pihak Rusia.

Tampak pula kendaraan tentara Rusia berhasil menyalip dan kemudian mengitari kendaraan lapis baja pasukan AS.

Menanggapi insiden tersebut, AS menuding militer Rusia melanggar protokol pencegahan konfrontasi antara kedua pihak di Rusia.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Ullyot, mengatakan, “Kendaraan Rusia bertabrakan dengan kendaraan lapis baja koalisi internasional, yang mengakibatkan krunya cedera. ”

Dia menyatakan bahwa kendaraan AS meninggalkan lokasi insiden demi menghindari konflik antara kedua pihak.

Dia kemudian mengecam pihak Rusia dengan mengatakan, “Tindakan tidak aman dan tidak profesional seperti ini merupakan pelanggaran protokol de-konflik, yang dilakukan oleh AS dan Rusia pada Desember 2019.”

Insiden ini tercatat yang kedua kalinya terjadi di wilayah pedesaan Hasakah pada pekan ini. Upaya pencegatan pertama terjadi di timur kota Qamishli, tapi tidak orang yang merekamnya. (mm/amn/rta/politico)

Baca juga:

AS: Irak Janji Lindungi Pasukan Barat dari Serangan Milisi Pro-Iran

Jalur Gas Suriah Meledak, Kemungkinan Disebabkan Aksi Teroris

DISKUSI: