Parah, Presiden Ukraina Tebar Hoax dengan Gunakan Foto Editan Drone Iran

0
22

Foto palsu Zelensky di samping drone Shahed 136

Teheran, LiputanIslam.com   Dalam beberapa hari terakhir beredar  sebuah foto Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berdiri berpose di samping sebuah pesawat nirawak (UAV/drone) berukuran kecil yang tergeletak di tanah.

Diklaim bahwa dalam foto itu terlihat dia sedang berpose dengan sebuah drone Shahed 136 buatan Iran yang, konon, digunakan oleh tentara Rusia dalam serangan terhadap Ukraina belakangan ini.

Namun demikian, diketahui bahwa foto itu hanyalah gambar hasil rekayasa picisan melalui program editing semisal Photoshop dan teknik green screen (layar hijau).

Saluran berita Al-Alam milik Iran, Ahad (30/10), melaporkan banyak pegiat medsos dari berbagai penjuru dunia yang segera mengendus kepalsuan foto tersebut, dan lalu membongkar hoax ini dengan menganalisa pencahayaan, kualitas dua obyek dalam foto serta ukurannya.

Antara lain disebutkan bahwa kejanggalan yang paling mencolok ialah bahwa panjang faktual drone Shahed 136 mencapai 3,5 meter dan lebar 2,5 meter, sedangkan tinggi Zelensky 170 cm, sementara apa yang terlihat dalam foto itu tidak sesuai dengan komparasi faktual ukuran antara dua obyek tersebut. (mm/alalam)

Baca juga:

Ziyad Al-Nakhalah: Terpengaruh Iran yang Syiah, Jihad Islam Palestina Tetap Gerakan Sunni

Presiden Raisi: Iran Tak Kan Membiarkan Musuh Melanggar Garis Merah

DISKUSI: