Ziyad Al-Nakhalah: Terpengaruh Iran yang Syiah, Jihad Islam Palestina Tetap Gerakan Sunni

0
35

Damaskus, LiputanIslam.com   Sekjen Jihad Islam Palestina (PIJ) Ziyad Al-Nakhalah menyatakan bahwa PIJ terpengaruh oleh revolusi Islam Iran, namun tetap merupakan gerakan Islamis Sunni.

Pada bagian kedua wawancara dengan saluran berita Al-Jazeera dan dikutip oleh Rai Al-Youm, Ahad (30/10), Al-Nakhalah mula-mula menegaskan bahwa masyarakat Zionis Israel adalah masyarakat pembunuh dan penjahat sehingga sudah seharusnya bangsa Palestina terus berjuang membela diri dan norma kemanusiaan.

Ketika ditanya mengenai Iran, dia mengatakan bahwa kemenangan revolusi Islam di Iran merupakan peristiwa yang memiliki indikasi besar, dan Syahid Dr. Fathi Syaqaqi pun memandang revolusi itu sebagai titik tolak, terlepas dari aspek akidah.

Sembari menyebut Fathi Shaqaqi sebagai pejuang bervisi Islam dan mengangkat isu Palestina, Al-Nakhalah mengatakan, “Kami  terpengaruh oleh Revolusi Islam Iran dari sisi politik, namun tidak terpengaruh oleh karakter keaagamaan sektarian,  gerakan Jihad Islam adalah gerakan Islam Sunni, dan ini merupakan identitas kami.”

Pada bagian pertama wawancara yang ditayangkan Al-Jazeera pada 23 Oktober lalu dia juga berbicara mengenai Iran dengan menyebutnya sebagai sekutu PIJ dan bangsa Palestina karena memiliki pendirian yang tegas, getol memusuhi Israel dan gigih menyokong perlawanan Palestina.

“Kami dan Iran dalam satu aliansi, Iran menyokong resistensi dan mendukungnya secara politik, semua gerakan Islam semula mendukung revolusi Islam Iran, tapi kemudian banyak yang berubah (sikap),” ujarnya saat itu.

Dia juga mengatakan, “Iran anti AS dan Israel, menyokong resistensi, sementara rezim-rezim resmi Arab bersekutu dengan Israel dan Barat, tak mendukung resistensi. Jadi, Iranlah negara yang menyokong  gerakan Jihad Islam dan semua faksi resistensi Palestina.”

Dia menilai sangatlah berlebihan anggapan sementara orang bahwa Iran mengendalikan aneka peristiwa di lapangan dan peperangan Gaza melawan Israel. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Seorang Warga Palestina Gugur Ditembak Setelah Menabrakkan Mobil ke Tentara Israel

Penembakan di Israel Tewaskan 1 Warga Zionis Tewas dan Lukai 5 Lima Lainnya

DISKUSI: