Pangkalan Militer AS di Suriah Diserang Sembilan Roket

0
249

DeirEzzor, LiputanIslam.com –  Pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Suriah dilaporkan mendapat serangan sejumlah roket dari kelompok-kelompok pejuang.

Beberapa jam setelah tersiar laporan mengenai terjadinya ledakan di pangkalan militer AS di dekat ladang minyak Al-Omar, Provinsi Deir Ezzor, Suriah, beredar laporan susulan bahwa terjadi lagi serangkain ledakan beruntun di pangkalan tersebut.

Lembaga pemberitaan Sabereen News (SN) dalam berita segeranya di aplikasi Telegram pada dini hari ini, Senin (5/7), menyebutkan: “Pangkalan Conoco yang dikelola oleh pasukan pendudukan AS di sekitar kota Deir Ezzor terkena tembakan beberapa roket.”

Sabereen News menambahkan, “Sembilan roket telah mendarat di pangkalan ini, dan membuat pasukan pendudukan AS mengumumkan status siaga tinggi.”

Saluran Al-Mayadeen mengutip keterangan beberapa sumber yang menyatakan bahwa telah terjadi empat ledakan yang tak diketahui sumbernya di komplek pabrik gas Conoco yang ditempati oleh militer AS, Inggris dan Prancis.

Tak ada laporan rinci mengenai peristiwa ini, sementara Kemhan AS saat ditanya saluran Al-Jazeera tentang ini mengaku tak menerima laporan bahwa pasukan AS di Suriah mendapat serangan.

Jubir pasukan koalisi AS Kolonel Wayne Maroto di halaman Twitter-nya membantah kabar adanya serangan itu dan menyebutnya tidak faktual.

Meski demikian, Sabereen News memastikan serangan itu telah terjadi, sembari memperlihatkan gambar kepulan asap dan dua titik kebakaran yang disebutnya terkait dengan peristiwa tersebut.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, Senin pekan lalu melaporkan bahwa serangan udara pesawat tak dikenal telah melancarkan serangan ke beberapa posisi di kawasan Abu Kamal (Bukamal) di kawasan perbatasan Suriah-Irak.

Setelah itu, Kemhan AS dalam sebuah statemennya mengaku bertanggungjawab atas serangan ke posisi-posisi markas pasukan relawan Irak Al-Hashd Al-Shaabi di dekat perbatasan Irak-Suriah.

Al-Hasdh Al-Shaabi mengkonfirmasi serangan udara itu dan menyebutnya telah menggugurkan empat anggotanya. Berbagai kelompok pejuang bersenjata Irak lantas bersumpah untuk membalas serangan tersebut. Dan sejauh ini telah beredar beberapa laporan mengenai serangan ke pangkalan militer AS di Suriah dan konvoi logistik militer AS di Irak. (mm/fna)

Baca juga:

Konvoi Logistik AS Mendapat Serangan di Irak, Iran Ungkit Pembunuhan Jenderal Soleimani

Iran Bantah Tudingan Washington Soal Serangan di Irak dan Suriah

DISKUSI: