Konvoi Logistik AS Mendapat Serangan di Irak, Iran Ungkit Pembunuhan Jenderal Soleimani

0
445

Baghdad, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber lokal Irak mengatakan konvoi logistik milik pasukan AS menjadi sasaran serangan di kota Hilla pada hari Jumat (2/7). Bersamaan dengan ini Iran mengungkit kasus serangan AS yang menggugurkan jenderal legendaris Iran Qasem Soleimani dan menyebutnya sebagai praktik terorisme negara.

Tidak ada laporan segera mengenai akibat serangan terhadap konvoi militer AS tersebut, sementara media Irak juga belum merilis laporan mengenai rincian serangan itu.

Serangan terhadap konvoi AS di Irak berlanjut ketika Washington berusaha menunda-nunda pembicaraan antara Washington dan Baghdad mengenai penarikan pasukan AS dari Irak.

Sejak tentara AS secara licik membunuh jenderal legendaris Iran Qassem Soleimani dan beberapa rekan seperjuangannya di Irak di dekat Bandara Baghdad pada awal 2020, parlemen Irak menyetujui undang-undang yang menyerukan pengeluaran pasukan asing dari Irak.

Undang-undang itu mendesak pemerintah Baghdad mengeluarkan pasukan AS namun hingga kini desakan itu belum terpenuhi meskipun serangan para pejuang Irak terhadap kepentingan-kepentingan AS kian intensif.

Sementara itu, Duta Besar dan Perwakilan Tetap Iran untuk PBB di Jenewa Esmaeil Baghaei Hamaneh Kamis lalu tak puas dan mengritik pernyataan pelapor khusus PBB  yang menyebut serangan teror terhadap Jenderal Soleimani sebagai “pembunuhan sewenang-wenang”.

Hamaneh menegaskan bahwa kejahatan AS itu merupakan praktik terorisme negara.  Dia menambahkan bahwa baik Iran maupun negara-negara di Timur Tengah berutang budi kepada Soleimani karena telah membebaskan mereka dari terorisme ISIS, dan Iran tidak akan melepaskan tuntutannya untuk membawa pelaku kejahatan itu ke pengadilan. (mm/mna)

Baca juga:

Dibayangi Drone Maut, Kedubes AS di Baghdad Pekikkan Sirine

Serangan Roket ke Pangkalan Militer AS di Suriah Timbulkan Kerugian Besar

DISKUSI: