Pandemi Covid-19, Ayatullah Khamenei Tolak Tawaran Bantuan AS

0
188

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatollah Sayid Ali Khamenei menyatakan negaranya tak percaya kepada tawaran AS untuk pengiriman bantuan ke Iran yang sedang dilanda pandemi Covid-19, karena selain  getol memusuhi Iran AS sendiri kekurangan peralatan medis dalam menghadapi wabah yang sama.

“Hari ini, musuh Republik Islam yang paling kejam adalah AS… Kami tidak kekurangan musuh, tetapi para pejabat AS begitu tidak tahu malu, serakah, penipu…  Mereka juga kejam dan teroris,” tegas Ayatullah Khamenei dalam pidatonya pada momen peringatan Hari Bi’tsah (pengutusan) Nabi Muhammad SAW, Minggu (22/3/2020).

“Allah mengatakan kepada Nabi saw untuk bersabar melawan musuh, tetapi kesabaran tidak berarti duduk diam tanpa melakukan apapun, melainkan berdiri teguh dan tetap percaya kepada perhitungan Anda, terlepas dari tipu muslihat musuh, dan melanjutkan dengan semangat yang tinggi, ” ungkapnya kepada bangsa Iran.

Mengenai pandemi Covid-19 yang melanda dunia di mana Iran termasuk yang terparah di antaranya, dia mengatakan,”Sekarang kita dihadapkan dengan komplikasi global. Virus ini membawa ketakutan dan masalah ekonomi. Yang dibutuhkan adalah kesabaran, serta tindakan yang benar dan bijaksana. Semua pejabat terkait  di negara ini telah diberikan arahan tertentu untuk dilakukan (dalam memerangi penyebaran virus ini).”

Mengenai klaim berulang pemerintah AS untuk mengirim bantuan medis ke Iran, dia mengatakan kepada para pejabat AS, “Kata-kata ini sangat aneh. Pertama, kalian sendiri kekurangan pasokan medis. Jika kalian memiliki bantuan medis maka gunakanlah untuk diri sendiri. Selain itu, kalian, orang Amerika, juga dituduh telah mengembangkan virus itu sendiri. Kalian tak bisa dipercaya. Bagaimana jika obat yang Anda kirim ke Iran malah menyebabkan virus bertahan?”

Ayatullah Khamenei melanjutkan, “Pengalaman 40 tahun kami menunjukkan bahwa Iran memiliki kapasitas untuk menghadapi setiap tantangan dan masalah di tingkat mana pun.”

Baca: Khamenei: Sanksi AS Buat Iran Swasembada di Semua Sektor

Wabah virus corona alias Covid-19 melanda lebih dari 170 negara dunia. Virus yang pertama kali dilaporkan muncul di pusat kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu itu sejauh ini telah menewaskan lebih dari 13.000 orang dan menginfeksi lebih dari 308.000 lainnya di dunia.

Baca: Iran akan Segera Pasarkan Obat Covid-19

Iran sebagai salah satu negara yang terparah dalam laporan terbarunya menyebutkan 1,685 kematian, 21,638 kasus infeksi, dan 7.635 sembuh. (mm/fars/presstv)

DISKUSI: