Khamenei: Sanksi AS Buat Iran Swasembada di Semua Sektor

0
162

Sumber foto: financial times

Tehran,LiputanIslam.com—Amerika Serikat (AS) telah menjatuhkan sanksi ekonomi yang ketat terhadap Iran sejak Mei 2018 lalu, usai Presiden AS Donald Trump keluar secara sepihak dari kesepakatan nuklir JCPOA dengan Iran.

Dalam pidato perayaan tahun baru Persia yang berlangsung Jum’at (20/3) kemarin, Pimpinan Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, mengatakan bahwa Republik Islam telah berhasil memanfaatkan sanksi AS.

“Sanksi AS telah mendatangkan manfaat buat Iran. Karena itu, Iran bisa mandiri di semua sektor,” ucap Khamenei.

Selain itu, ia juga menggambarkan 2019 sebagai tahun penuh gejolak bagi bangsa Iran. “Mulai dari banjir dan disambung virus corona….,” kata Khamenei, menambahkan bahwa Iran akan melalui semua kesulitan ini dengan persatuan.

Baca: 5 Perusahaan UEA Terkena Sanksi AS Karena Fasilitasi Penjualan Minyak Iran

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa perjuangan Iran begitu luar biasa. Iran berjuang untuk mengatasi virus corona dan gelombang sanksi AS sekaligus. Perjuangan Iran,menurut Rouhani, bahkan tidak bisa dibandingkan dengan negara manapun.

Rouhani menjelaskan, sanksi terbaru yang dijatuhkan AS terhadap Iran telah menyebabkan republik islam itu merugi hingga $200 milyar.

Menteri Luar Negeri Iran, M. Javad Zarif, menyebut AS sengaja menjatuhkan sanksi terbarunya untuk menguras semua sumber daya Iran yang sangat dibutuhkan untuk melawan virus corona.

Zarif menghimbau kepada seluruh dunia untuk tidak membiarkan aksi terorisme ekonomi AS yang telah melampaui batas kewajaran. (fd/Sputnik)

DISKUSI: