Palestina Minta Masyarakat Internasional Hentikan Penggalian Tanah Al-Aqsa oleh Israel

0
181

Quds, LiputanIslam.com  Kementerian Luar Negeri Palestina, Ahad (3/7), merilis sebuah statemen yang mendesak Amerika Serikat dan masyarakat internasional untuk segera menghentikan kegiatan Rezim Zionis Israel menggali bawah tanah Masjid Al-Aqsha dan sekitarnya.

Dalam pernyataan itu Otoritas Palestina mengecam kebungkaman masyarakat dunia dan organisasi-organisasi internasional di depan proyek ilegal penggalian yang berlangsung sejak beberapa dekade tersebut.

Kantor Berita Palestina Wafa melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Palestina dalam pernyataan itu menuntut tindakan masyarakat internasional untuk memaksa Israel mengindahkan kondisi Masjid Al-Aqsa dan menghormati kewenangan dan tanggung jawab Administrasi Wakaf Islam.

Menurut pernyataan itu, penggalian itu bertujuan memusnahkan fondasi Al-Aqsa dan mendistorsi peninggalan sejarah interior dan eksterior komplek Al-Aqsa sesuai narasi Israel, dan ini akan mendatangkan beberapa dampak yang berbahaya bagi Al-Aqsa dan Masjid Al-Qibli.

Kementerian Luar Negeri Palestina juga mengecam keras penolakan pejabat rezim pendudukan terhadap tuntutan Departemen Wakaf Islam untuk memeriksa sekitar Masjid Al-Aqsha dan mengetahui fakta penggaliannya.

Kementerian itu menyebutkan bahwa Israel bertanggung jawab penuh dan langsung atas penggalian itu, dan memperingatkan ihwal upaya Israel mengubah realitas sejarah dan status hukum Masjid Al-Aqsa.

Kementerian Luar Negeri Palestina juga mengutuk serangan yang kerap dilakukan oleh kaum zionis terhadap Masjid Al-Aqsha dengan tujuan terutama membagi waktu dan tempat di komplek Al-Aqsa. (mm/fna)

Baca juga:

Israel Akui Hamas Retas Puluhan Ponsel Tentara Zionis

Senjata Kiriman Israel Digunakan Myanmar untuk Membantai Muslimin

DISKUSI: