Pakar: Pasukan Mesir Mulai Persiapkan Operasi Militer Besar di Libya

0
164

Kairo, LiputanIslam.com – Besarnya manuver militer dan pengembangan operasi pendaratan yang dilakukan oleh pasukan Mesir belakangan ini dinilai menunjukkan keseriusan Kairo mempersiapkan operasi militer besar di Libya.

Parlemen Libya wilayah timur Senin lalu (13/7/2020), mengumumkan pemberian izinnya kepada pasukan Mesir untuk campur tangan dalam konflik Libya.

“Pasukan Mesir berhak untuk campur tangan untuk melindungi keamanan nasional Libya dan Mesir jika mereka melihat ancaman yang akan segera terjadi pada keamanan kedua negara,” ungkap parlemen itu dalam sebuah statemennya.

Mengomentari statemen ini, Pakar militer Mesir, Jenderal Mahfouz Marzouq, Selasa (14/7/2020), kepada kantor berita Rusia RIA Novosti menyebutkan tiga poin penting yang membuatnya menilai militer Mesir serius mempertimbangkan intervensi dalam konflik Libya.

“Pertama, Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi mengumumkan pada akhir Juni bahwa negaranya siap membantu suku-suku Libya dalam memerangi campur tangan asing dengan melatih dan mempersenjatai mereka,” terangnya, sembari menyebut kota Sirte dan Al-Jafra sebagai “garis merah” di mata El-Sisi untuk pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki.

Marzouq  melanjutkan, “Kedua, mungkin saja bahwa jika keputusan ini diambil maka akan menjadi pembenaran politik untuk intervensi Angkatan Bersenjata Mesir di Libya.”

Baca: Video: Pasukan Mesir Beraksi, Satu Kapal di Mediteranian Tenggelam Dihantam Rudal

Untuk poin ketiga, dia mengatakan,”Sifat dan ukuran latihan militer Mesir serta jenis senjatanya menunjukkan bahwa Mesir telah memulai persiapan strategis untuk operasi militer besar.”

Dia menambahkan bahwa latihan militer itu mencakup pengembangan pendaratan laut dan udara, yang selain dapat digunakan sebagai bagian dari pertahanan, juga  dapat digunakan sebagai bagian dari operasi ofensif untuk memindahkan pasukan jarak jauh dan mendaratkan mereka di pantai dan di daerah di bawah kendali pasukan lawan.

Baca: Turki Desak LNA Keluar dari Sirte, Mesir Tegaskan Sudah Saatnya Pengiriman Teroris ke Libya Dihentikan

Pekan lalu pasukan Mesir menggelar latihan militer bersandi ” Decisive 2020″ di wilayah perbatasan Mesir-Libya dengan melibatkan semua cabang angkatan bersenjatanya. (mm/amn)

DISKUSI: