Pakar Israel Peringatkan Kemampuan Iran Kendalikan Drone AS dan Israel

0
124

TelAviv, LiputanIslam.com   Seorang pakar siber Israel melaporkan Iran telah mendekati kemampuan meretas dan mengendalikan pesawat nirawak (UAV/drone) Israel dan Amerika Serikat (AS).

Surat kabar Jerusalem Post mengutip pernyataan CEO perusahaan jasa keamanan siber Sky Clipper bahwa peretas Iran hampir membobol sistem drone Israel dan AS serta merebut kendali atasnya.

“Hari demi hari, kemampuan siber Iran meningkat di semua dimensi, salah satunya adalah meretas drone, dan mencapai kemampuan zero-day yang dicapai oleh peretas AS, Rusia, dan China, dan mampu melumpuhkan bagian-bagian tertentu melalui kemampuan cyber,” ungkapnya.

Pakar itu mengklaim Iran tidak hanya mengembangkan kemampuan sibernya, melainkan juga memberi Hizbullah perangkat serangan siber .

Dia juga mengakui Iran telah menyusup ke jaringan dan sektor pertahanan Israel, namun masalah ini tetap dirahasiakan dan tidak diumumkan.

Dia mengatakan, “Iran belum mempublikasikan keberhasilan ini demi merahasiakan kemampuannya, sementara Israel juga merahasiakan masalah serangan siber agar tak terlihat berada dalam posisi lemah dan situasi sulit.  Mereka enggan mengumumkan jumlah kerusakan pada sistem mereka.” (mm/tasnim)

Baca juga:

IRGC: Iran Sudah Berkelas Dunia di Bidang Drone dan Rudal

Ayatullah Khamenei: Barat Tak Tahan Menyaksikan Pesatnya Kemajuan Iran Sehingga Dalangi Kerusuhan

DISKUSI: