Oman, Negara Teluk Pertama yang Kirim lagi Dubesnya ke Suriah

0
86

Muscat, LiputanIslam.com –  Kesultanan Oman mengirim duta besarnya ke Suriah, dan dengan demikian ia menjadi negara Arab pertama di kawasan Teluk Persia yang melakukannya setelah negara-negara itu mengurangi atau menutup misi diplomatik mereka di Damaskus pada tahun 2012.

Kesultanan Oman adalah satu di antara sedikit negara Arab yang mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan pemerintah Suriah setelah negara yang dipimpin Presiden Bashar Assad ini dilanda pemberontakan dan terorisme sejak tahun 2011, meskipun Oman mendapat tekanan dari Amerika Serikat dan negara-negara Teluk lain sekutunya.

Kantor Berita Oman, ONA, melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Suriah pada Ahad lalu (4/10/2020) telah menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Oman untuk Suriah, Turki bin Mahmoud Al-Busaidi, yang ditunjuk untuk jabatan itu berdasarkan keputusan Oman pada Maret lalu.

Sebagaimana Bahrain, Oman tetap membuka kedutaan besarnya di Damaskus..

Sultan Haitham bin Tariq, setelah mengambil alih kekuasaan di Oman pada Januari lalu, berjanji untuk terus menjalin hubungan persahabatan dengan semua negara.

Uni Emirat Arab membuka kembali misinya di Damaskus pada akhir 2018.

Kuwait menyatakan akan membuka kembali misinya di Damaskus jika mendapat persetujuan di Liga Arab, yang menangguhkan keanggotaan Suriah pada 2011. (mm/rta)

Baca juga:

Menlu Iran Temui Emir Baru Kuwait

Adakan Konferensi Pers Pertama Kali untuk Kawasan Teluk, Menhan Israel Puji Putra Mahkota Saudi

DISKUSI: