Adakan Konferensi Pers Pertama Kali untuk Kawasan Teluk, Menhan Israel Puji Putra Mahkota Saudi

0
60

TelAviv, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memuji apa yang disebutnya upaya perdamaian Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed bin Zayed.

Pujian itu dia nyatakan dalam jumpa pers pertama kalinya untuk kawasan Teluk Persia, yang dia lakukan melalui konferensi video, seperti dilaporkan Rai Al-Youm, Ahad (4/10/2020).

Pada awal konferensi yang diselenggarakan oleh Dewan Integrasi Regional Arab itu Gantz mengatakan bahwa dua putra mahkota itu “memerangi terorisme dan mendukung perdamaian di kawasan”.

“Sesi ini istimewa di tengah tantangan yang dihadapi dunia dan yang kita alami bersama berupa ekstremisme, dan apa yang melanda dunia berupa dampak pandemi virus Corona, ini sangat berbeda dan konstruktif,” kata Gantz.

Dia mengaku berharap dapat mengunjungi “semua penyeru perdamaian sebagai bentuk apresiasi atasu peran mereka di jalur perdamaian”.

“Tak banyak jenderal yang menyokong perdamaian seperti yang saya lakukan. Perkenankanlah kami menyebutkan bahwa ada orang-orang (yang demikian) di pihak lain”, katanya.

Di sisi lain, Gantz menuding Turki mengganggu stabilitas kawasan dan bertindak melawan upaya perdamaian, dan karena itu dia menyerukan tekanan internasional terhadap Turki.

Israel menghindari menyalahkan Turki secara terbuka, karena hubungan perdagangan dan diplomatik antara keduanya masih berlanjut.

Gantz juga menyebut  Iran dan Turki  “menghalangi jalan untuk mempromosikan perdamaian dan mendukung agresi regional.”

Jumpa pers ini diadakah setelah UEA dan Bahrain pada tanggal 15 September menandatangani perjanjian damai  dan normalisasi hubungan dengan Israel meski mendapat kecaman keras dari pihak Palestina. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran akan Perlakukan Negara-Negara Arab Penormalisasi Hubungan dengan Israel sebagai Musuh

Netanyahu Perintahkan Pembangunan 5000 Unit Permukiman Zionis Baru di Tepi Barat

DISKUSI: