Netanyahu Perintahkan Pembangunan 5000 Unit Permukiman Zionis Baru di Tepi Barat

0
76

Quds, LiputanIslam.com –  Media Israel mengungkap bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memerintahkan persetujuan untuk pembangunan 5.000 unit permukiman baru di Tepi Barat.

Situs berita Channel 7 milik Israel, Jumat (25/9/2020),  melaporkan bahwa Netanyahu telah menginstruksikan agar Dewan Tinggi Perencanaan dan Pembangunan Israel  menggelar sidang di Tepi Barat setelah berakhirnya liburan Yahudi pada awal Oktober.

Dewan tersebut berada di bawah Administrasi Sipil Israel yang merupakan badan eksekutif Kementerian Pertahanan di wilayah Palestina yang diduduki Israel itu.

Menurut situs itu, Netanyahu menginstruksikan kepada dewan tersebut agar menyetujui pembangunan 5000 unit rumah di puluhan permukiman Zionis di Tepi Barat.

Rezim Zionis Israel tidak mengkonfirmasi ataupun membantah adanya instruksi Netanyahu agar dewan itu bersidang.

Dewan Tertinggi Perencanaan dan Bangunan Israel belum mengadakan sidang sejak Februari lalu sehingga para tokoh imigran Zionis menganggapnya sebagai pembekuan pembangunan permukiman di Tepi Barat.

Dalam beberapa pekan terakhir mereka mengaku telah memrotes kegagalan Netanyahu meminta dewan itu mengadakan pertemuan untuk menyetujui proyek tersebut.

Channel 7 Israel menyebutkan, “Dalam beberapa hari terakhir, terjadi kontak dewan-dewan pemukiman dengan Perdana Menteri. Mereka menuntut diakhirinya pembekuan pembangunan, dan mengancam akan mengorganisir protes besar-besaran terhadap Netanyahu.”

Dan dia menambahkan, “Para pemimpin pemukim mengharapkan Netanyahu memenuhi  janjinya dan mengundang Dewan Tinggi agar mengadakan pertemuan demi menyetujui proyek-proyek pembangunan.” (mm/railalyoum)

Baca juga:

Presiden Aljazair Resmi Menentang Normalisasi Hubungan Arab dengan Israel

[Video]: Israel Sukses Ujicoba Sistem Rudal Maritim Baru

 

DISKUSI: