Netanyahu Batal Berkunjung ke UEA Lantaran Rudal Yaman di Langit Saudi

0
590

Quds, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Rezim Zionis Israel mengisyaratkan bahwa dia batal berkunjung ke Uni Emirat Arab (UEA) melalui angkasa Arab Saudi lantaran rudal.

Dalam wawancara dengan Channel 13, Sabtu (14/3), Netanyahu berbicara mengani “rudal-rudal di angkasa Saudi pada pekan lalu”, mengacu pada serangan rudal Yaman yang menerjang fasilitas minyak Saudi di Dammam dan berbagai sasaran lain di Saudi pekan lalu.

Namun dia enggan berbicara lebih jauh tentang itu dengan mengatakan, “Saya tidak ingin memasuki hal-hal rinci.”

Dia lantas menyebutkan soal hubungan Israel dengan Yordania yang belakangan ini bermasalah.

“Yordania memerlukan hubungan baik dengan Israel lebih dari keperluan kami kepada hubungan baik dengannya,” ujarnya.

Meski sudah terbuka jalur penerbangan langsung antara Israel dan UEA melalui angkasa Saudi, namun Netanyahu semula dijadwalkan melakukan perjalanan dari Bandara Ben-Gurion ke Amman, dan dari ibu kota Yordania ini baru dia akan terbang dengan jet mewah khusus ke Abu Dhabi, UEA.

Namun rencana itu dibatalkan karena Yordania melarang Netanyahu memasuki zona udaranya pada Kamis lalu setelah Israel melarang Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah II masuk ke Masjid Al-Aqsa pada Rabu malam lalu dengan dalih bahwa Hussein melanggar peraturan keamanan.

Jumat lalu Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Al-Safadi mengkonfirmasi bahwa negaranya melarang Netanyahu masuk ke angkasanya dalam perjalanan menuju UEA. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Tiga Nelayan Palestina Gugur, Jihad Islami Ancam Balas Israel

[Video]: Kejam, Detik-Detik Pasukan Israel Tangkap Lima Anak Palestina

DISKUSI: