Nasrallah: Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Lebih Berbahaya Daripada Perang Dunia

0
270

Beirut, LiputanIslam.com –  Sekjen Hizbullah Libanon Sayid Hassan Nasrallah menyatakan dampak pandemi virus Corona (COVID-19) berkemungkinan melampaui perang dunia dan menghasilkan tatanan global baru.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Sabtu malam (29/3/2020), Nasrallah menilai dunia sedang mengenyam pengalaman baru “yang tak ada bandingannya selama dua abad” berupa perjuangannya melawan virus yang sangat menular.

Dia mengimbau para elit dan pemikir untuk mengamati perubahan besar yang disebabkan oleh penyakit ini, yang “dampaknya mungkin lebih besar daripada Perang Dunia Pertama dan Kedua” dan menyebabkan “tatanan dunia baru.”

Pemimpin Hizbullah menyoal masa depan AS dan Uni Eropa sebagai akibat krisis ini.

“Kita tidak tahu apakah AS akan tetap bersatu atau apakah Uni Eropa akan tetap ada, dan terdapat perdebatan mengenai sistem perawatan kesehatan di dunia dan sistem ekonomi kapitalis,” ungkapnya.

Dia memandang epidemi ini telah membingungkan dunia, menyebabkan bencana kematian, dan masyarakat harus memetik pelajaran dari peristiwa global ini.

Baca: Bassil Sambut Baik Kontak Telepon Assad-Bin Zayed

“Virus kecil ini sejauh ini memenjarakan tiga miliar orang di rumah mereka. Bukankah itu mengharuskan kita untuk berhenti dan merenungkan ketidakmampuan kita memahaminya?” ujarnya.

Baca: Tentara Israel Hancurkan Klinik Khusus Pasien Covid-19 Palestina

Seperti diketahui, Covid-19 yang muncul pertama kali di kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu itu kini terus menyebar ke seluruh dunia, dan sejauh ini ada lebih dari 664.100 kasus infeksi dan lebih dari 30.880 kematian. (mm/presstv)

DISKUSI: