Tentara Israel Hancurkan Klinik Khusus Pasien Covid-19 Palestina

0
199

Tepi Barat, LiputanIslam.com–Tentara Israel menghancurkan sebuah klinik darurat khusus untuk menangani pasien Covid-19 di sebuah desa Palestina di Lembah Jordan utara.

Petugas dari Administrasi Sipil Israel memasuki desa Khirbet Ibziq pada Kamis (26/3) pagi dengan membawa buldoser dan dua truk dengan mesin derek. Dengan peralatan berat itu, mereka menghancurkan klinik dan perumahan darurat milik komunitas setempat. Demikian laporan dari badan HAM, Btselem.

Btselem  juga melaporkan bahwa para petugas itu menyita tiang dan terpal yang digunakan untuk menopang delapan tenda, klinik lapangan, masjid, dan perumahan darurat untuk warga yang dievakuasi dari rumah sendiri. Sebuah generator listrik, pasokan pasir, semen, dan blok batu bara yang akan digunakan untuk lantai tenda juga disita.

Penduduk desa Khirbet Ibziq berinisiasi membangun sendiri komunitas pertolongan pertama untuk menangani krisis Covid-19 yang telah melumpuhkan sebagian besar Tepi Barat selatan. Sejauh ini, sudah ada 91 kasus positif dengan satu kematian yang dilaporkan pada hari Rabu.

Lembah Jordan adalah area seluas 1,6 juta dunam (1.600 km2) dan meliputi sekitar 30 persen dari wilayah Tepi Barat. Menurut laporan pemerintah, Lembah Jordan memiliki sekitar 280.000 dunam tanah subur, 50.000 di antaranya masih digunakan oleh warga Palestina dan 27.000 lainnya oleh pemukim Yahudi ilegal.

Mayoritas Lembah Jordan berada di bawah kendali penuh militer Israel. Sementara itu, setidaknya 44 persen dari total tanah di sana telah diambil alih oleh pasukan Israel untuk keperluan militer. (ra/palestinechronicle)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: