Mesir Diam-Diam Hubungi Hizbullah, Bahas Isu Gaza, Krisis Libanon dan Iran

0
527

Kairo, LiputanIslam.com –  Para pejabat intelijen umum Mesir dilaporkan telah mengaktifkan kanal-kanal komunikasi rahasia dengan kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Libanon.

Sumber-sumber Mesir yang mengaku mengetahui komunikasi tersebut mengatakan bahwa menyusul adanya serangkaian perubahan situasi di kawasan Timur Tengah, Kairo mengadakan komunikasi tersebut demi memainkan multi-peran di masa mendatang serta untuk mengembangkan pengaruh dan mendapatkan raihan-raihan tersebut dalam perimbangan internasional.

Surat kabar Al-Arabi Al-Jadid yang berbasis di London, Ahad (25/7), memuat laporan tentang komunikasi tersebut sembari mengutip keterangan beberapa sumber khusus Mesir.

Dikutip Fars, surat kabar yang dekat dengan pemerintah Qatar itu menyebutkan; “Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu yang relatif lama, terjadi kontak langsung antara seorang pejabat tinggi dinas (rahasia Mesir) ini dengan Wakil Sekjen Hizbullah Libanon, Naim Qassem. Dalam kontak ini telah dibicarakan beberapa isu penting bersama, terutama situasi Jalur Gaza dan mediasi Mesir untuk kelompok-kelompok Palestina. Selain itu kriris Suriah, peran Hizbullah di sisi pemerintah Suriah, dan krisis parah di Libanon juga dirundingkan oleh kedua pihak.”

Sumber-sumber itu menyebutkan bahwa ada titik temu kepentingan antara Mesir dan Hizbullah, terutama karena Hizbullah juga berpengaruh di Palestina.

Menurut Al-Arabi Al-Jadid, Mesir bukan hanya mencari kartu kemenangan di depan negara-negara Barat dalam isu Timteng, melainkan juga untuk menambah raihannya di hadapan negara-negara Teluk yang notabene sekutunya sendiri.

Dalam konteks ini pula, Mesir mulai bermaksud menampilkan dirinya sebagai mediator untuk mengelola hubungan dan pergesekan antara poros Iran dan poros negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Sebelumnya, beberapa sumber Mesir mengatakan kepada Al-Arabi Al-Jadid bahwa sedang berlangsung pembicaraan antara Mesir dan Iran untuk pemulihan hubungan bilateral dan pendekatan persepsi antara keduanya mengenai sejumlah isu Timur Tengah.

Sumber-sumber itu bahkan menyebutkan bahwa pada awal-awal bulan ini delegasi intelijen Iran telah berkunjung ke Kairo dan mengadakan pembicaraan dengan para sejawat Mesir mereka mengenai beberapa isu yang sensitif bagi kedua pihak. (mm/fna)

Baca juga:

Hubungan UEA-Israel di Ambang Krisis, Tel Aviv Revisi Kesepakatan Minyak dengan Abu Dhabi

Pukulan bagi AS, Iran Resmikan Pelabuhan Minyak Pertamanya di Teluk Oman

DISKUSI: