Menteri Intelijen Israel: Saudi, Oman, Qatar, dan Niger Menuju Normalisasi dengan Israel

0
862

Quds, LiputanIslam.com –   Menteri Intelijen Israel Eli Cohen menyatakan bahwa empat negara yang paling bermungkinan menandatangani perjanjian damai dengan Israel adalah Arab Saudi, Oman, Qatar dan Niger.

“Ada lebih banyak negara yang terhubung ke Teluk dan di Afrika yang akan menjalin perjanjian damai dengan kami,” kata Cohen dalam wawancara dengan Ynet, seperti dikutip Rai Al-Youm, Rabu (18/3).

Dia menjelaskan, “Di Teluk kita berbicara tentang Kesultanan Oman, Arab Saudi dan Qatar, yang kami lihat mengarah ke kamp pro-Barat, lebih dari kamp pro-Iran, dan ini merupakan satu kemajuan. Selain itu, pekan lalu ada pemilu di Niger yang dimenangi oleh kandidat pendukung AS, dan ini menambah kesempatan normalisasi hubungan (dengan Israel).”

Mengenai apakah pemerintahan baru AS akan menghambat proses normalisasi itu, Cohen mengatakan, “Perubahan dalam pemerintahan AS adalah perkara pasti dengan adanya kemajuan perjanjian-perjanjian, secara lebih kecil dengan Afrika dan secara lebih besar dengan negara-negara Teluk, mengingat negara-negara ini sangat mementingkan pengetahuan mengenai kebijakan politik AS terhadap Iran.”

Cohen juga mengatakan, “AS akan toleran terhadap Iran, dan menurut perkiraan saya, perjanjian-perjanjian dengan negara-negara Teluk tak akan pernah maju. Jika Washington menempuh kebijakan tegas dan sanksi terhadap Iran yang dapat mencegahnya dari memperoleh senjata nuklir maka kita akan melihat perjanjian-perjanjian damai tambahan dengan negara-negara Teluk.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Rudal Hizbullah Bikin Ciut Nyali, Israel Upgrade “Iron Dome”

Israel Lancarkan Serangan Sengit ke Libanon Selatan dan Suriah

DISKUSI: