Menlu Saudi: Masalah Rudal akan Dibicarakan dalam Perundingan Nuklir Iran

0
440

Riyadh, LiputanIslam.com –   Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Al-Saud menyatakan pihaknya telah diberitahu bahwa segela kesepakatan multinasional mengenai Iran akan mencakup persoalan rudal Iran dan dukungannya kepada kelompok-kelompok bersenjata di kawasan Timteng.

Dikutip Fars, Ahad (4/4), dalam wawancara dengan France 24 Faisal mengatakan, “Kami yakin bahwa masyarakat internasional akan bekerja keras untuk memastikan bahwa berbagai kekurangan dalam perjanjuan nuklir serta stabilitas yang diakibatkan oleh aktivitas Iran akan teratasi.”

Dia juga menyatakan bahwa tak ada kanal kontak langsung maupun  tak langsung antara Riyadh dan Teheran, namun Saudi siap berunding “jika ada perubahan pada perilaku Iran”.

Sehari sebelumnya, dalam wawancara dengan CNN dia menyatakan negaranya ingin terlibat dalam perundingan nuklir Iran karena bisa menjadi kesempatan untuk dialog antara Saudi dan Iran serta kemungkinan terjalinnya hubungan antara kedua negara bahkan hingga ke taraf kemitraan.

Dalam wawancara dengan France 24 dia juga berbicara mengenai Yaman dengan mengatakan bahwa usulan gencatan senjata tetap mengemuka di atas meja meskipun pihak Houthi (Ansarullah) masih terus menyerang pasukan yang didukung koalisi pimpinan Saudi.

Mengenai kemungkinan normalisasi hubungan Saudi dengan Israel dia mengatakan bahwa hal itu hanya mengemuka setelah ada kesepakatan damai antara Palestina dan Israel. (mm/fna)

Baca juga:

Ubah Nada Pernyataan terhadap Iran, Saudi Mengaku Ingin Bekerjasama dengannya

Iran Pastikan di Wina Tak akan Ada Pertemuan Langsung yang “Tak Perlu” dengan AS

DISKUSI: