Menlu Pakistan: Dari Bangsa Iran Kami Belajar Melawan Sanksi

0
13

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri Luar Negeri Pakistan Bilawal Bhutto Zardari memuji kebrilianan Iran dalam menghadapi masalah dan tantangan, dan memandangnya teladan.

“Kita harus mencontoh bangsa Iran dalam menghadapi blokade dan mencapai kemakmuran ekonomi,” ujarnya di depan para diplomat dan staf Kedutaan Besar Pakistan untuk Iran di Teheran, Rabu (15/6).

Zardari menambahkan, “Iran adalah tetangga dekat kami, dan kami berbagi kesamaan sejarah, agama dan budaya dengannya, tapi kedua negara memiliki potensi terpendam yang belum diaktifkan.”

Mengenai kesulitan yang dihadapi bangsa Iran akibat embargo, Zardari mengatakan, “Kita harus memberi penghormatan kepada orang-orang ini dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan energi lokal dan diri sendiri untuk mengembangkan ekonomi dan situasi kehidupan meskipun ada tekanan.”

Dia juga mengatakan, “Bangsa Iran memanfaatkan energi internalnya dan dapat mengelola mata pencahariannya, dan ini harus dicontoh. Kita harus belajar dari bangsa Iran bagaimana mengendalikan ekonomi negara di tengah problematika internasional dan sanksi,”

Di sela-sela kunjungan resminya ke Teheran, Menteri Luar Negeri Pakistan menekankan perlunya memanfaatkan energi kedua negara untuk mencapai keuntungan ekonomi, serta menyinggung hubungan kompleks negaranya dengan India, kemitraan strategis dengan Iran dan China, dan krisis akibat gejolak situasi Afghanistan. (mm/alalam)

Baca juga:

Jenderal Iran: Serangan Iran terhadap Israel Berlipat dan Berlanjut

“Tongkat Musa” Bobol Jaringan Listrik Israel, Sumpahnya Bikin Merinding

DISKUSI: