Menlu Israel Sebut RI dan Berharap Kunjungan Biden akan Perbaiki Hubungan Israel dengan Saudi

0
198

Quds, LiputanIslam.com   Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid  menyebut nama Indonesia dan berharap kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Timur Tengah akan dapat memperbaiki hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

Dalam konferensi pers, Rabu (15/6), Lapid menilai kunjungan Biden ke Arab Saudi memiliki makna simbolis.

“Semua orang melihat Arab Saudi akhir-akhir ini dan fakta bahwa Presiden Biden akan terbang langsung dari sini ke Arab Saudi menandakan bahwa ada hubungan antara kunjungan ke sini dan kunjungan ke sana, dan kemampuan untuk meningkatkan hubungan antara Tel Aviv dan Riyadh,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan nama Indonesia dengan mengatakan bahwa Israel berharap dapat memperkuat hubungan dengannya dan Arab Saudi, dan mengaku menjalin hubungan dengan tiga menteri luar negeri dari tiga negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Mengenai Iran dia mengatakan mengatakan bahwa Presiden AS akan mengumumkan kepada media Israel langkah-langkah yang akan diambil.

“Kami mencoba untuk menempatkan Iran di bawah kepungan baik dari segi keamanan dan kebijakan,” lanjutnya.

Lapid menyebutkan bahwa Israel menyerukan sidang Dewan Keamanan PBB tentang nuklir Iran dan pengenaan semua sanksi terhadap Teheran.

Dia juga berharap para sejawatnya dari UEA dan Maroko dapat segera berkunjung ke Israel.

Gil Tamari, komentator Channel 13 urusan luar negeri Israel menilai esensi kunjungan Biden adalah: “Arab Saudi, Arab Saudi, Arab Saudi, dengan langkah-langkah simbolis kecil untuk membangun kepercayaan, yang pada akhirnya membuka jalan bagi normalisasi antara Israel dan Arab Saudi.” (mm/almayadeen)

Baca juga:

Jenderal Iran: Serangan Iran terhadap Israel Berlipat dan Berlanjut

“Tongkat Musa” Bobol Jaringan Listrik Israel, Sumpahnya Bikin Merinding

DISKUSI: