Menlu Iran Sebut UE Ragu Menterorisasi IRGC karena Faktor ini

0
116

Teheran, LiputanIslam.com   Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan Uni Eropa (UE) terlihat enggan mengambil langkah-langkah “mahal” terhadap Iran setelah kepala kebijakan luar negeri blok itu menyebutkan adanya rintangan hukum yang menghalangi pencantuman pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam ( IRGC) dalam daftar hitam organisasi teroris.

Amir-Abdollahian menyatakan demikian pada hari Senin (23/1)setelah kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menyebutkan bahwa  UE tidak dapat mencantumkan IRGC sebagai entitas “teroris” tanpa keputusan pengadilan UE.

Dalam pertemuan para menteri luar negeri UE di Brussel, Borrell menekankan bahwa keputusan pengadilan dengan “kecaman hukum konkret” harus terlebih dahulu dijatuhkan sebelum blok itu sendiri dapat menerapkan labelasasi demikian.

Amir-Abdollahian meminta para pemimpin Eropa untuk menghindari komentar “sensasional dan irasional”. Dia juga mengaku optimisme bahwa rasionalitas akan menang di bidang diplomasi dan kebijakan luar negeri beberapa negara Eropa sehingga kebijakan luar negeri pihak Eropa dan Iran tidak akan terpaksa membayar biaya yang lebih tinggi.

Mengacu pada pernyataan Borrell, Amir-Abdollahian mengatakan, “Ini menunjukkan bahwa Uni Eropa berusaha untuk tidak mengambil langkah-langkah yang mahal.”

Dia melanjutkan, “Republik Islam (Iran) menganggap negosiasi, dialog, dan interaksi konstruktif dengan UE sebagai pilihan terbaik, tetapi akan memberikan respons timbal balik dan efektif terhadap keputusan lain apa pun oleh Uni Eropa.”

Parlemen Eropa Rabu pekan lalu mengadopsi amandemen yang meminta UE dan negara-negara anggotanya untuk memasukkan IRGC ke dalam daftar teror mereka.

Sehari kemudian parlemen itu juga mengeluarkan resolusi lain yang menyerukan lebih banyak sanksi terhadap individu dan entitas Iran serta menempatkan IRGC dalam daftar teroris UE atas dugaan pelanggaran HAM dalam gelombang kerusuhan yang sempat melanda Iran beberapa waktu lalu. (mm/presstv)

Baca juga:

AS dan Israel Gelar Latihan Militer Berskala Luas untuk Gertak Iran

srael Sebut Iran Punya 40,000 Drone

DISKUSI: