AS dan Israel Gelar Latihan Militer Berskala Luas untuk Gertak Iran

0
114

Florida, LiputanIslam.com   Komando Pusat AS (CENTCOM) dan Pasukan Pertahanan Israel, Senin (23/1), memulai latihan bersama skala besar di Israel dan di atas Laut Mediterania timur.

CENTCOM dalam sebuah pernyataannya mengumumkan bahwa latihan militer bersandi Juniper Oak 2023 itu akan melibatkan lebih dari 140 pesawat, 12 kapal angkatan laut, dan sistem artileri dari kedua negara, dan berlangsung hingga Jumat.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan kepada NBC News bahwa latihan itu bertujuan untuk menunjukkan kepada musuh, termasuk Iran, bahwa untuk memobilisasi kekuatan militer yang besar, Washington tidak terlalu terganggu oleh invasi Rusia ke Ukraina dan ancaman dari China.

“Latihan ini memperkuat kesiapan kolektif AS-Israel dan meningkatkan interoperabilitas kedua kekuatan, sehingga berkontribusi pada stabilitas regional. Latihan seperti Juniper Oak menunjukkan bahwa interoperabilitas dan integrasi mewakili keamanan yang lebih baik di kawasan ini,” ungkap CENTCOM.

Senada dengan ini, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan, “Latihan itu akan menguji kesiapan bersama Israel-AS dan meningkatkan hubungan operasional antara kedua tentara.”

Komandan CENTCOM, Jenderal Michael Kurilla, , mengatakan latihan tersebut “meningkatkan kemampuan kami untuk menanggapi kemungkinan, dan menekankan komitmen kami terhadap Timur Tengah.”

CENTCOM mengatakan pasukan itu akan mempraktikkan komando dan kontrol bersama; operasi udara dalam perang permukaan maritim; pencarian dan penyelamatan tempur; serangan elektronik; penindasan pertahanan udara musuh; koordinasi serangan dan pengintaian; dan larangan udara.

Menurut NBC, dari 142 pesawat yang terlibat dalam latihan tersebut, 100 adalah milik AS, termasuk empat pembom strategis B-52, empat jet tempur F-35, 45 pesawat tempur F/A-18, dan dua drone MQ-9 Reaper.

CENTCOM juga mengatakan pesawat tempur F-15 dan F-16, pesawat tempur AC-130, helikopter Apache, dan pesawat penyelamat dan pengisian bahan bakar lainnya juga akan berpartisipasi.

IDF mengatakan pesawat itu akan mensimulasikan “berbagai skenario,” termasuk menyerang target yang mensimulasikan ancaman angkatan laut, dan pembom AS menjatuhkan amunisi langsung di Israel selatan.

NBC juga menyebutkan bahwa 12 kapal angkatan laut yang terlibat dalam latihan itu antara lain enam kapal Angkatan Laut Israel, dan enam kapal AS, termasuk kapal induk. (mm/raialyoum/toi)

Baca juga:

Intelijen AS, Israel, Eropa, dan Arab Bekerja Sama dalam Teror Komandan Top Hizbullah

AL Iran: IRGC akan Terus Berjuang Membela Kaum Tertindas

DISKUSI: