Israel Sebut Iran Punya 40,000 Drone

0
135

Nazaret, LiputanIslam.com   Forum-forum keamanan Israel menyatakan bahwa Iran memiliki sekira 40,000 unit drone kamikaze, yang sebagian besarnya telah diserahkan kepada kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

Mereka menyebutkan bahwa jika terjadi perang Israel dengan Hizbullah, maka Hizbullah akan menggunakan drone ini untuk menyerang Israel.

Dalam konteks ini, saluran 12 dari TV Israel membahas rencana masa depan Angkatan Udara Israel untuk semakin mengandalkan drone, karena perannya yang berpengaruh dalam kegiatan operasional tentara pendudukan, sebagaimana dikatakan oleh para perwira tinggi Israel, yang berbicara tentang tantangan yang dihadapi Kepala Staf Umum baru, Jenderal Herzi Halevi.

TV Israel itu menekankan dalam laporannya bahwa  drone melakukan tugas pengumpulan informasi intelijen, pengawasan dan serangan, dan memiliki sejumlah keunggulan, terutama akurasi, dan sulit dideteksi.

Ron Ben-Yishai, seorang analis urusan militer untuk situs berita berbahasa Ibrani Ynet, mengatakan, “Kehadiran drone Iran di langit Ukraina menimbulkan kekhawatiran serius di kalangan otoritas keamanan Israe.”

Dia menambahkan, “Drone bunuh diri semisal (Shahed 136 buatan Iran) sangat efektif dan amat berbahaya, apalagi jika digunakan terhadap sasaran sipil tanpa penjagaan,” katanya.

Mengutip sumber keamanannya di Tel Aviv, Ben-Yishai mengatakan bahwa pembicaraannya adalah tentang drone kecil dan ringan, tetapi sarat dengan bensin dan puluhan kilogram bahan yang sangat mudah meledak, yang mampu menyebabkan kerusakan yang dahsyat.

Dia juga menjelaskan bahwa drone ini dapat mencapai target yang jauh dari landasan peluncuran lebih dari 1000 kilometer, dan jalurnya diatur melalui sistem GPS.

Pakar militer Israel itu menyimpulkan laporannya dengan mengatakan bahwa peringatan yang dikeluarkan di masa lalu oleh para pembuat keputusan di Israel tentang hubungan antara Rusia dan Iran sekarang telah terbukti benar, yaitu bahwa bantuan Iran kepada Rusia di Ukraina mengkonfirmasi bahwa Teheran telah bergabung dengan “poros kejahatan”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Intelijen AS, Israel, Eropa, dan Arab Bekerja Sama dalam Teror Komandan Top Hizbullah

AL Iran: IRGC akan Terus Berjuang Membela Kaum Tertindas

DISKUSI: