Menhan Ukraina: Kubah Besi Israel Tak Efektif di Depan Rudal Rusia

0
317

Kyiv, LiputanIslam.com    Mehan Ukraina Oleksii Reznikov berterus terang bahwa sistem pertahanan udara Kubah Besi buatan Israel tak efektif jika dipakai untuk upaya mencegah rudal Rusia.

“Ukraina tak memerlukan Kubah Besi Israel. Ukraina perlu mengembangkan sistem rudal sendiri untuknya,” ungkap Reznikov dalam wawancara dengan Forbes, Sabtu (9/7).

Dia menjelaskan, “Kami, Ukraina, hari ini sudah memiliki perlindungan langit kami. Itu tidak sempurna, tapi percayalah, kami menembak jatuh cukup banyak rudal yang terbang. Pesawat musuh di langit kami tidak lagi terbang, karena mereka takut dan tahu itu. Kami menembak jatuh mereka,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Mereka menggunakan rudal tua Kh-22, Kh-55, dan lain-lain. Agresor menembak mereka dari wilayah Rusia, dari wilayah Belarus, dari perairan Hitam dan bahkan Laut Kaspia, dari Krimea Ukraina yang diduduki sementara. Musuh takut untuk mendekat, karena kami memiliki angkatan udara yang sangat profesional, dan jet tempur dari semua jenis, cabang, dan kekuatan Angkatan Bersenjata Ukraina dan komponen kekuatan pertahanan lainnya dengan mahir menggunakan MANPADS.”.

Mehan Ukraina juga mengatakan, “Kubah Besi yang dibuat untuk perlindungan dari rudal lambat, ketinggian rendah dan efek yang dibuat terutama di bengkel tak melindungi dari rudal jelajah dan rudal balistik.”

Pernyataan Reznikov ini bertolak belakang dengan permintaan Ukraina sebelumnya untuk mendapatkan Kubah Besi.

Pada bulan lalu Duta Besar Ukraina untuk Israel, Yevgen Kornichuk, mengatakan ,”Kyiv ingin membeli sistem pertahanan udara Israel – Iron Dome. Kami membutuhkan bantuan Israel … Maksud saya, kami membutuhkan dukungan teknis militer, kami membutuhkan Iron Dome, yang akan memungkinkan kami untuk menyelamatkan wanita dan anak-anak sipil kami dari pemboman rudal Rusia di wilayah kami.” (mm/raialyoum/un)

Baca juga:

KairoTuntut Penyelidikan Kabar  Keberadan Kuburan Massal tentara Mesir di Palestina

Hizbullah: Operasi Drone Berefek cepat’ pada Pembicaraan Demarkasi Lebanon-Israel

DISKUSI: