Menhan Israel: Iran Gunakan Banyak Instalasi Militer di Suriah untuk Produksi Rudal

0
6

Quds, LiputanIslam.com  Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengklaim bahwa Iran menggunakan lebih dari 10 fasilitas militer di Suriah untuk memproduksi rudal dan senjata canggih guna mempersenjatai kelompok-kelompok yang bekerja untuk kepentingannya.

Dalam sebuah konferensi di New York, AS, Gantz mempresentasikan peta yang disebutnya sebagai situs militer untuk Pusat Studi dan Penelitian Ilmiah, sebuah badan pemerintah Suriah yang terlibat dalam pembuatan rudal dan senjata untuk Iran.

“Iran telah mengubah Pusat Studi dan Penelitian Ilmiah (Suriah) menjadi fasilitas untuk produksi rudal dan senjata jarak menengah, jarak jauh dan akurat, yang disediakan untuk Hizbullah dan proksi Iran. Dengan kata lain, pusat ini telah menjadi front Iran lainnya dan pabrik senjata strategis canggih,” terang Gantz, seperti dikutip Rai Al-Youm, Senin (11/9).

“Masyaf khususnya digunakan untuk memproduksi rudal canggih,” imbuhnya.

Dia menyebutkan bahwa Iran juga bekerja untuk pembuatan rudal dan senjata di Lebanon dan Yaman.

“Jika tren ini tidak dihentikan, maka dalam satu dekade, akan ada industri Iran yang maju di seluruh kawasan ini untuk memproduksi senjata dan menyebarkan teror,” tudingnya.

Sejauh ini, Iran maupun Suriah tidak mengomentari klaim Gantz tersebut. Damaskus sebelumnya juga menahan diri untuk tidak mengomentari tuduhan demikian, sementara Teheran telah membantah membangun kemampuan produksi senjata di berbagai kawasan Timur Tengah.

Selama beberapa tahun, Israel telah melancarkan serangan terhadap apa yang disebutnya sebagai target terkait Iran di Suriah.(mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran Blak-Blakan Nyatakan Kembangkan Drone Kamikaze Khusus Ganyang Israel

Ingatkan Israel, AS: Hizbullah Bersiap Melancarkan Operasi Militer

DISKUSI: