Iran Blak-Blakan Nyatakan Kembangkan Drone Kamikaze Khusus Ganyang Israel

0
179

Teheran, LiputanIslam.com  Militer Iran menyatakan negara republik Islam ini mengembangkan drone-drone khusus, termasuk tipe “Arash 2”, untuk menyerang Rezim Zionis Israel.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Iran pada Ahad malam (11/9), Panglima Angkatan Darat (AD) Iran Brigjen Kioumars Heydari menyebutkan bahwa Arash 2 memiliki kemampuan unik menentukan kembali target sebelum menghantamnya, dan bahwa drone ini  didedikasikan membasmi entitas Zionis.

Menurutnya,  AD Iran memiliki drone dengan jangkauan strategis, selain memiliki drone berjarak jangkau 2000 km serta beberapa drone  lain pada tingkat yang lebih rendah.

Mengenai karakteristik Arash 2, dia memastikan drone ini dirancang khusus untuk menggempur kota Haifa dan Tel Aviv di Israel (Palestina pendudukan 1948).

Heydari menegaskan bahwa AD siap memproduksi dan menggunakan Arash 2, yang memang sudah bergabung dengan AD dan akan memperlihatkan kemampuannya dalam latihan militer mendatang, dengan karakteristik yang mencakup akurasi bidik yang sama persis dengan presisi rudal Fath.

Arash 2 juga  memiliki keunikan berupa kemampuan menentukan ulang target dalam berbagai cara dan kemudian menghantamnya.

“Pada gilirannya, kami menunggu perintah dari atas untuk menggunakannya suatu hari nanti,” ujar Heydari.

Di sisi lain, Heydari menyebutkan bahwa helikopter AD memiliki rudal “Shafaq” berjarak jangkau 12 hingga 20 kilometer, yang diproduksi oleh para ahli senjata helikopter dan Kementerian Pertahanan Iran.

Dia juga mengatakan, “Dengan memproduksi rudal Shafaq, jangkauan rudal kami meningkat 9,5 kali lipat dari kempetitornya, TOW buatan AS, dan dilengkapi dengan teropong istimewa serta berkemampuan “fire and forget” yang memungkinkan pilot meluncurkan rudal lalu meninggalkan zona operasi secepatnya. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Sukses Ujicoba Rudal Strategis “Fath 360”

Jenderal Iran Sebut Negaranya Masuk Tiga Besar Kekuatan Drone di Dunia

DISKUSI: