Menhan Iran Nyatakan Negaranya Siap Jalin Perjanjian Militer dan Keamanan dengan Arab Teluk

0
93

Menteri pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Amir Hatami. Sumber: Presstv

Teheran, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Iran, Brigjen Amir Hatami, mengumumkan kesiapan negaranya menandatangani perjanjian militer dan keamanan dengan negara-negara Teluk.

“Kami siap menandatangani perjanjian militer dan keamanan dengan negara-negara Teluk Persia mengenai stabilitas di kawasan,” ungkapnya, Senin (19/10/2020)

“Kami memiliki kesefahaman militer dengan Rusia dan China untuk periode pasca-embargo senjata,” lanjutnya, mengacu pada berakhirnya embargo senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Iran.

Hatami juga menyebutkan bahwa negaranya memiliki kesepakatan penting dengan Rusia untuk pengembangan sistem yang diperlukan oleh angkatan udara, dan menekan bahwa Iran “tidak menghendaki adanya perlombaan senjata yang mengubah kawasan sekitar menjadi tong mesiu”.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Iran memperingatkan kepada dua negaranya yang sedang berperang satu sama lain, Azerbaijan dan Armenia, agar tidak mengusik keamanan di wilayah perbatasan Iran. Dia juga membantah tuduhan bahwa senjata Rusia telah diekspor ke Armenia melalui wilayah Iran.

“Kami telah memberikan peringatan resmi dan jelas kepada Azerbaijan dan Armenia mengenai keamanan kawasan perbatasan kami, dan kami juga tidak membukakan pintu perbatasan dan wilayah kami untuk pengiriman senjata Rusia ke Armenia. Itu hanya tuduhan belaka,” tegas Hatami.

Lebih jauh dia menyatakan harapannya agar Turki dapat membantu menyelesaikan krisis Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia melalui kanal diplomasi. (mm/irna)

Baca juga:

Arab Teluk, antara Berdamai dan Menjilat Israel

Bahrain dan Israel Resmikan Hubungan Diplomatiknya dengan Israel, Penduduk Berunjuk Rasa

DISKUSI: