Menhan Iran Ingatkan Negara-Negara Jiran Soal Kehadiran Israel di Teluk Persia

0
160

Teheran, LiputanIslam.com   Menteri Pertahanan Iran Brigjen Mohammad Reza Ashtiani memperingatkan negara-negara jiran Iran di Teluk Persia bahwa kehadiran Rezim Zionis Israel di kawasan ini hanya akan mendatangkan ketidak amanan.

Dalam pertemuan dengan Komandan Angkatan Laut Oman Laksamana Saif bin Nasser Al-Harby di Teheran, Selasa (20/7), Ashtiani mengatakan, “Rezim Zionis berusaha melegitimasi dirinya dengan menabur perpecahan di antara negara-negara regional.”

Menyinggung safari Presiden AS Joe Biden belum lama ini ke Timur Tengah, Menteri Pertahanan Iran mengatakan, “Safari ini tak dapat menciptakan stabilitas dan keamanan yang langgeng di kawasan.”

Dia menambahkan, “Kami memandang kunjungannya itu provokatif.”

Ashtiani juga menyatakan bahwa negara-negara Barat berusaha untuk menjual senjata kepada negara-negara regional sembari “menyebut Iran sebagai ancaman”.

Di pihak lain, Komandan Angkatan Laut Oman, mengatakan pihak-pihak asing hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri, dan untuk itulah mereka bercokol di Timur Tengah dan Teluk Persia.

Harby menekankan bahwa hanya negara-negara regional sendirilah yang harus menggalang keamanan bagi kawasan mereka.

Dia menambahkan bahwa banyak negara dunia mengincar kawasan itu,  dan bahwa kerjasama keamanan antara Iran dan Oman dapat menghambat aktivitas negatif mereka. (mm/fna)

Baca juga:

Menlu Suriah di Iran: Erdogan Gagal Meraih Tujuannya dalam KTT Segi Tiga Teheran

Yaman Tak Akan Biarkan Israel Jamah Laut Merah

DISKUSI: