Mencekam, Demo Tandingan Digelar di Baghdad

0
348

Baghdad, LiputanIslam.com  Unjuk rasa yang diserukan oleh kubu Kerangka Koordinasi digelar di Baghdad, ibu kota Irak, dan diikuti oleh berbagai elemen, termasuk sejumlah tokoh independen.

Unjuk rasa itu merupakan demo tandingan karena dilakukan bersamaan dengan belanjutnya aksi duduk masa simpatisan Blok Sadr di gedung parlemen Irak yang terletak di kawasan Zona Hijau Baghdad.

Masa demo tandingan bergerak menuju salah satu gerbang Zona Hijau, sementara aparat keamanan terlihat berjaga-jaga di kawasan itu dengan tanpa membawa senjata.

Aksi itu mewakili sikap blok Kerangka Koordinasi yang mendukung pemerintah dan menjaga kehormataan lembaga-lembaga negara. Meski demikian, dalam aksi itu sama sekali tidak terlihat satupun tokoh partai.

Suasana Baghdad dilaporkan tenang mencekam di tengah kekhawatiran akan terjadi bentrok antara masa kedua kubu yang bersaing di pentas politik tersebut.

Kerangka Koordinasi merilis pernyataan yang mengajak kubu Sadr untuk berdialog, dan menilai apa yang dilakukan oleh kubu Sadr belakangan ini sebagai kudeta terhadap rakyat dan negara serta menyalahi proses politik, konstitusi dan pemilu.

Kerangka Koordinasi memperingatkan bahwa apa yang dilakukan oleh kubu Sadr berbahaya dan mengingatkan kepada kudeta-kudera berdarah yang pernah dialami Irak dalam beberapa dekade era diktatorisme di Negeri 1001 Malam ini.

Kerangka Koordinasi menekankan bahwa segala tindakan yang menyalahi undang-undang merupakan pelanggaran terhadap semua “garis merah” serta ancaman bagi kedamaian publik dan otoritas undang-undang.

Sebelumnya, Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi meminta kepada semua pihak untuk duduk di meja dialog nasional demi mencapai solusi politik bagi krisis yang ada. (mm/alalam)

Baca juga:

Kubu Kerangka Koordinasi Irak Tunda Demo Tandingan

Konsulat Turki di Irak Diserang Sejumlah Roket, Ankara Geram

DISKUSI: