Konsulat Turki di Irak Diserang Sejumlah Roket, Ankara Geram

0
168

Ankara, LiputanIslam.com   Kemlu Turki menyatakan bahwa konsulat jenderal  (konjen) negara ini di kota Mosul, Irak utara, telah mendapat serangan, namun tidak ada korban yang dilaporkan.

“Kami mengutuk serangan ini … dalam istilah yang paling keras dan berharap mereka yang bertanggung jawab diadili sesegera mungkin,” ungkap kementerian itu, Rabu (27/7).

“Kami dengan tegas meminta otoritas Irak untuk memenuhi tanggung jawab mereka dalam melindungi misi diplomatik dan konsuler,” lanjutnya.

Kemlu Turki menyebut serangan itu terjadi bersamaan dengan pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diadakan atas permintaan pemerintah Irak untuk membahas serangan di Irak utara pekan lalu di mana “negara kami dituduh dan ditargetkan secara tidak adil”.

Tak ada orang atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Seorang anggota parlemen provinsi setempat mengatakan kepada AFP bahwa empat roket menghantam dan menyebabkan kerusakan pada mobil yang diparkir di jalan dekat konjen, namun pejabat lain dan sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa mortir telah jatuh di dekat gedung konjen dan di dalam perimeternya.

Sehari sebelumnya jubir Kemlu Iran Irak Ahmed Al-Sahaf menuding  Turki memiliki “ambisi ekspansionis” di Irak, dan menggunakan konfliknya dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) sebagai dalih untuk menjalankan ambisi ini.

Dia menegaskan bahwa pasukan Turki harus segera angkat kaki dari Irak, dan bahwa opsi nasional berdaulat Irak “terbuka” dan berlipat ganda untuk menyingkirkan pasukan Turki, bekerjasama dengan para sahabat dan sekutu Irak.

Pada 20 Juli lalu delapan orang tewas dan 23 terluka terkena serangan di sebuah resor pegunungan di provinsi Dohuk, Irak utara. (mm/aljazeera/alhurra)

Baca juga:

Baghdad: Irak Bersama Sekutunya akan Usir Pasukan Turki

Tragedi Dohuk, Irak Kecam Keras Bantahan Turki dan Menyebutnya “Lelucon Hitam”

DISKUSI: