Kubu Kerangka Koordinasi Irak Tunda Demo Tandingan

0
129

Baghdad, LiputanIslam.com   Blok Kerangka Koordinasi Irak sempat menyerukan kepada rakyat Irak untuk mengadakan demo tandingan “deemi mempertahankan negara”, tapi kemudian mengumumkan penundaan aksi itu sampai pemberitahuan selanjutnya.

Kerangka Koordinasi, yang merupakan blok terbesar di parlemen Irak setelah wakil Blok Sadr mengundurkan diri, menyatakan bahwa seruan untuk demonstrasi itu “datang menyusul perkembangan terakhir yang mengancam untuk merencanakan kudeta yang mencurigakan dan membajak negara.”

Blok Sadr mundur pada 12 Juni lalu dalam sebuah langkah yang dianggap Muqtada Al-Sadr sebagai “pengorbanan demi negara dan rakyat untuk menjauhkan mereka dari nasib yang tak jelas.”

Kerangka Koordinasi Irak, Ahad (31/7), mengumumkan bahwa demonstrasi tandingan ditunda “sampai pemberitahuan lebih lanjut” untuk memberi jalan bagi dialog dan solusi politik “guna memastikan persatuan.”

Panitia demonstasi “Membela Legitimasi Konstitusional”  mengkonfirmasi penundaan demonstrasi. Mereka mengatakan, “Penundaan dilakukan berdasarkan pernyataan para pemimpin Kerangka Koordinasi serta intervensi para sesepuh dan ulama, demi memberi waktu untuk dialog dan solusi politik yang positif untuk memastikan persatuan dan menghindari hasutan.”

Di pihak lain, pemimpin Blok Sadr, Sayid Muqtada Al-Sadr, di hari yang sama menyerukan kepada rakyat Irak untuk mendukung para demonstran yang saat ini memasang tenda-tenda di Zona Hijau Baghdad.

Sehari sebelumnya, para simpatisan Blok Sadr kembali menyerbu parlemen Irak di Zona Hijau. Mereka masuk dengan diatur langsung oleh Blok Sadr.

Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi mengimbau para pengunjuk rasa segera mundur dari Zona Hijau, mematuhi perdamaian, dan menjaga properti publik dan pribadi. (mm/almayadeen)

Baca juga:

Panas, Ratusan Demonstran Duduki Gedung Parlemen Irak, Al-Maliki Kokang Senapan

Konsulat Turki di Irak Diserang Sejumlah Roket, Ankara Geram

DISKUSI: