Melalui Percakapan Telefon, Menlu Indonesia Undang Menlu Iran

0
315

Teheran, LiputanIslam.com –   Media Iran melaporkan bahwa menteri luar negeri negara ini, Amir Hossein Abddollahian,  telah terlibat percakapan telefon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Kamis (21/10).

Pada kesempatan itu, kedua menteri tersebut telah membicara perkembangan hubungan bilateral serta berbagai isu regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara, termasuk perkembangan situasi Afghanistan.

Abdollahian antara lain menyorot pemerintahan Taliban di Afghanistan dengan menyinggung tanggungjawab kelompok ini dalam menjaga keamanan semua suku dan aliran keagamaan dari aksi-aksi teror. Menurutnya, tanggung jawab ini akan terpenuhi jika pemerintahan di Afghanistan bersifat inklusif dan melibatkan semua komponen bangsanya.

Dia menyebutkan bahwa para pengungsi Afghanistan di negara-negara sekitarnya, termasuk Iran, merupakan tanggungjawab masyarakat dunia secara keseluruhan.

Sembari menyinggung beberapa kesepakatan Iran dengan Indonesia dalam pertemuan-pertemuan terbaru di New York, AS, Abdollahian memastikan adaya upaya pengembangan dan penguatan hubungan Teheran-Jakarta semaksimal mungkin.

Di pihak lain, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam percakapan telefon tersebut menyatakan bahwa penjagaan HAM, terutama hak kaum wanita, dan penanganan urusan pengungsi Afghanistan merupakan tanggungjawab kemanusiaan yang memerlukan perhatian tersendiri dari masyarakat dunia.

Lebih jauh, Retno juga menyampaikan undangannya kepada Abdollahian untuk berkunjung ke Jakarta, dan menyambut baik perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara. (mm/tasnim)

Baca juga:

Dikunjungi Pejabat Turki, Iran Nyatakan Tak Biarkan Pelaku Makar Merusak Hubungannya dengan Turki

Iran: Referendum adalah Solusi Tunggal untuk Palestina

DISKUSI: