Media Turki: Ankara Pertimbangkan Kemungkinan Buka Dialog dengan Damaskus

0
112

Ankara, LiputanIslam.com –  Surat kabar Hurriyet terbitan Turki, Senin (4/4), melaporkan  bahwa otoritas Turki sedang mendiskusikan kemungkinan dimulainya dialog negara ini dengan pemerintah Suriah, hal yang pada gilirannya dapat menjurus pada pemulihan hubungan antara kedua negara.

Surat kabar Turki itu mengutip pernyataan sumber-sumber informasi bahwa “kebijakan keseimbangan yang diadopsi Turki belakangan ini serta peran yang dimainkan Ankara dalam beberapa bulan terakhir, terutama untuk penyelesaian perang di Ukraina” menghadirkan waktu yang tepat untuk penyelisaian krisis  hubungan Turki-Suriah.

Sumber-sumber itu menyebutkan  bahwa Turki, “dalam semua kontaknya dengan pemerintah Suriah,” telah menekankan tiga masalah urgen, yaitu “melestarikan struktur kesatuan dan kesatuan wilayah Suriah, memastikan keamanan pengungsi yang kembali ke negara mereka, dan masalah “aktivitas Partai Pekerja Kurdistan (PKK).”

Hurriyet mengabarkan bahwa Ankara telah menyampaikan tiga pesan penting ini kepada Damaskus, terutama menjelang kunjungan Presiden Suriah Bashar Al-Assad ke Uni Emirat Arab (UEA) beberapa waktu lalu. (mm/alalam)

Baca juga:

Suriah Mengaku sebagai Mitra Rusia dalam Konfrontasi dengan Barat

Takut Jet Tempurnya Jatuh di Suriah, Israel Mengaku Netral dalam Krisis Ukraina

 

DISKUSI: