Media Palestina: Menhan Israel Diam-Diam Berkunjung ke Arab Saudi

0
259

TelAviv, LiputanIslam.com –  Media Palestina melaporkan bahwa Menhan Israel Benny Gantz diam-diam telah berkunjung ke Arab Saudi.

Dikutip Tasnim, Sabtu (30/10), Palestina Today melaporkan pernyataan sumber-sumber Israel bahwa sebuah sumber dari Uni Emirat Arab (UEA) mengabarkan bahwa Gantz telah berkunjung ke Saudi dan meneken beberapa perjanjian dengan Saudi senilai ratusan juta US$.

Laporan itu mengemuka setelah pada Selasa lalu beberapa sumber Israel menyebutkan bahwa untuk pertama kali sebuah pesawat Israel mendarat di Bandara King Khalid, Riyadh, ibu kota Saudi.

Namun mereka menyebutkan bahwa pesawat itu adalah pesawat pribadi seorang hartawan yang terbang dari dari Bandara Ben-Gurion, Israel, dan setelah transit beberapa lama di Bandara Amman, Yordania, melanjutkan perjalanan menuju Saudi. Nama hartawan itu tak disebutkan di media.

Sekira tiga jam setelah kabar itu beredar, Itay Blumental, wartawan militer jaringan berita Kan Israel melaporkan bahwa Gantz telah mengadakan kunjungan keamanan rahasia, dan dalam kunjungan itu dia telah melakukan perundingan keamanan mengenai pengembangan hubungan dan kerjasama.

Wartawan Israel itu menambahkan bahwa nama negara yang dikunjungi Gantz tak boleh disebutkan, namun sebagian media Israel menyebutkan nama Singapura.

Tapi pada Jumat lalu Palestine Today melaporkan bahwa Gantz telah berkunjung ke Saudi dan menyebutkan bahwa laporan itu tersiar ketika surat kabar Israel Golabz belakangan ini melaporkan bahwa dengan mediasi Bahrain dan UEA beberapa perusahaan Saudi telah meneken perjanjian dengan Israel.

Mengutip sebuah sumber di negara Arab Teluk, surat kabar itu menyebutkan bahwa perjanjian itu bernilai lebih dari US$ 100 juta. (mm/tasnim)

Baca juga:

Jenderal Israel: 80% Problema Israel Berasal dari Iran

Iran Tanggapi Sanksi Baru AS Terkait dengan Serangan terhadap Aramco dan Kapal Israel

DISKUSI: