Media Israel Ramai-Ramai Ungkap Kunjungan Rahasia Netanyahu ke Saudi

0
118

TelAviv, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Rezim Zionis Israel, Benjamin Netanyahu, dilaporkan secara masif telah berkunjung ke Arab Saudi, pada hari Ahad lalu (22/11/2020), dan mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman.

Sejumlah media Israel, termasuk situs berita Walla, Senin, mengungkap rincian kunjungan tersebut.   Menurut Walla, Direktur MOSSAD Yossi Cohen telah menyertai kunjungan Netanyahu itu dan tiba di Neom, Saudi, dengan menggunakan pesawat milik pengusaha Israel Udi Angel.

Menurut data dari situs pelacakan penerbangan, pesawat lepas landas dari Israel pada hari Ahad pukul 17.00 waktu setempat,  dan langsung menuju ke pantai Laut Merah, lalu kembali ke Israel lima jam kemudian.

Surat kabar Haaretz melaporkan bahwa pesawat itu melakukan penerbangan ke Neom, tempat pertemuan antara bin Salman dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan pada hari itu.

Situs berita i24news menjelaskan bahwa Netanyahu berada dalam perjalanan ke Arab Saudi ketika sebuah rapat kabinet Israel dijadwalkan berlangsung hari itu untuk membahas penanggulangan pandemi Covid-19.

Kantor Perdana Menteri Israel pada Sabtu malam mengumumkan bahwa rapat itu ditunda hingga Senin, dengan alasan bahwa dua menteri, Ze’ev Elkin dan Yizhar Nitzan Shai, belum selesai menyiapkan rekomendasi tentang penggunaan sarana digital untuk mengurangi penularan penyakit tersebut.

Para pejabat Israel menyebut alasan itu untuk menutupi kunjungan Netanyahu ke Arab Saudi.

Kantor Netanyahu masih bungkam mengenai laporan kunjungann itu, sementara i24News menyatakan bahwa sumber Saudi telah mengkonfirmasi validitas laporan tersebut.

Netanyahu sendiri juga enggan berterus terang. Seperti dikutip Reuters, di sela rapat Partai Likud dia mengatakan, “Apakah Anda serius? Rekan-rekanku, sepanjang umurku saya tidak akan berkomentar untuk perkara seperti ini, dan tak berniat untuk memulainya sekarang.”

Di pihak lain, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membantah adanya pertemuan petinggi negara ini dengan para pejabat Israel.

“Saya mengikuti laporan pers tentang dugaan pertemuan antara Yang Mulia Putra Mahkota dan pejabat Israel dalam kunjungan Pompeo baru-baru ini. Tidak terjadi pertemuan seperti itu. Pejabat yang hadir hanyalah orang Amerika dan Saudi,” ungkap Faisal melalui akun Twitter-nya, Senin.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri AS mengumumkan bahwa pertemuan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dengan Mohamed bin Salman di Neom membuahkan hasil, namun para juru bicara Pompeo menolak berkomentar mengenai kabar partisipasi Netanyahu dalam pertemuan itu.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menyebut “pembocoran berita mengenai pertemuan rahasia” antara Netanyahu dan Bin Salman sebagai “tindakan tak bertanggung jawab dan menimbulkan keresahan”.

Lain halnya Menteri Pendidikan Israel Yoav Galant, yang justru menyambut baik pengungkapan kunjungan itu meski tidak secara resmi. Dia membenarkan laporan mengenai kunjungan Netanyahu ke Neom. (mm/rta/raiayoum)

Baca juga:

Ketar-Ketir Arab Saudi Ketika Turki Melirik Yaman

Menlu AS: Semua Opsi Terbuka bagi Isu Iran, Israel adalah Bagian dari Solusi Timteng

DISKUSI: