Media Israel Laporkan Hizbullah Rencanakan Perang Pada Musim Panas Tahun Ini

0
105

Beirut, LiputanIslam.com –  Media Israel menyatakan bahwa perang antara kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Libanon dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berkemungkinan pecah pada musim panas tahun ini. Musim panas di belahan bumi utara jatuh pada sekitar 21 Juni – 23 September.

Perusahaan Penyiaran Israel Kan, Kamis (25/6/2020), mengutip sumber-sumber diplomatik Barat di Beirut, yang berbicara kepada surat kabar Okaz,  bahwa semua data dan laporan mengindikasikan kemungkinan pecahnya perang  antara Hizbullah dan Israel pada musim panas tahun ini.

Sumber-sumber Barat itu menyebutkan bahwa Hizbullah merasa dikepung, dan karena itu tak akan segan-segan menempuh langkah besar untuk mematahkan kepungan, dan kelompok itu juga memandang perang melawan Israel akan dapat mengubah situasi regional dan mengacak kartu permainan.

Masih menurut Kan, Hizbullah menyarankan konfrontasi sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), dan mengkonfirmasikan wilayahnya akan menjadi perbatasan selatan Lebanon dan perbatasan Suriah-Israel.

Disebutkan pula bahwa surat kabar Lebanon An-Nahar beberapa hari lalu melaporkan adanya pembicaraan di Hizbullah tentang kemungkinan perang dengan Israel pada bulan Agustus mendatang, serta perang melawan “Undang-Undang Caesar” AS yang akan berdampak negatif pada Hizbullah dan masyarakat Lebanon secara keseluruhan.

Media militer Hizbullah awal pekan ini merilis sebuah video yang memperlihatkan adegan-adegan roket presisi Hizbullah dengan latar belakang suara orasi pemimpinnya, Sayyid Hassan Nasrallah, yang menegaskan bahwa Tel Aviv dan seluruh penjuru Israel (Palestina pendudukan 1948) berada dalam jangkauan rudal presisi kelompok pejuang Libanon yang didukung Iran tersebut. (mm/amn)

Baca juga:

Tanggapan Waswas Lembaga Think Tank Israel atas Video Ancaman Hizbullah

Video: Pasukan Hizbullah Pertontonkan Target-Target Incarannya di Israel

DISKUSI: