Media Iran Ungkap Rincian Serangan Rudal IRGC ke Markas Intelijen Israel di Erbil

0
117

Teheran, LiputanIslam.com –  Media Iran melaporkan rincian teknis serangan rudal Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) terhadap markas intelijen Israel MOSSAD di kota Erbil, Kurdistan Irak, yang terjadi pada dini hari Ahad lalu.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, Senin (14/3), menyebutkan bahwa dalam serangan itu IRGC menggunakan rudal Fateh-110 yang berjarak jangkau 300 kilometer.

Pejabat bidang pertahanan kepada IRNA mengatakan, “Fateh-110 adalah rudal balistik yang bekerja dengan bahan bakar padat dan berbobot 3.320 kilogram, termasuk 448 bobot hulu ledaknya.”

Dilaporkan pula bahwa rudal itu ditembakkan dari salah satu situs rudal IRGC di bagian barat Iran, dan rudal Fateh dalam dua tipenya, yaitu Fateh-110 yang berjarak jangkau 300 kilometer dan Fateh-313 yang berjarak jangkau 500 kilometer, tergolong rudal Iran yang berpresisi paling tinggi.

Sebelumnya, Humas IRGC dalam sebuah pernyataan mengkonfirmasi bahwa pasukan elit Iran ini telah menyerang sebuah markas stategis Israel dengan rudal kuat dan pemindai titik sebagai reaksi atas aksi-aksi agresif Israel terhadap Iran belakangan ini.

IRGC juga memperingatkan bahwa jika Israel mengulangi tindakan kotor itu maka rezim Zionis ini akan mendapat “balasan sengit, tegas dan menghancurkan”.

Pemerintah Iran mengeluarkan peringatan bahwa negara ini tak akan menolerir ancaman apapun yang berasal dari wilayah Irak, menyusul serangan IRGC ke “sebuah markas strategis” Israel di wilayah Kurdistan Irak.

Seakan menanggapi kecaman dari berbagai pihak di Irak atas serangan itu, Jubir Kemlu Iran Saeed Khatibzadeh dalam jumpa pers, Senin (14/3), mengatakan, “Tak bisa diterima jika salah satu negara tetangga kami yang terhubung dengan kami dengan ikatan yang kuat menjadi sebuah pusat ancaman terhadap Republik Islam.”

Dia menambahkan bahwa “Iran tak akan menolerir ”keberadaan “pusat konspirasi anti negara kami dan pengiriman teroris” di negara tetangga melalui perbatasan. (mm/raialyoum)

Berita Terkait:

Video:] Sejumlah Perwira MOSSAD Dikabarkan Tewas akibat Serangan Rudal Iran ke Arbil

Hizbullah Irak Cecar Para Pengecam Serangan Rudal Iran ke Erbil, Faksi Palestina Ucapkan Selamat

DISKUSI: