Mantan PM Yordania: Hamas “Memprovokasi”, Punya Senjata Baru dan Siap Hadapi Eskalasi Militer

0
342

Amman, LiputanIslam.com  Politisi Terkemuka dan Mantan Perdana Menteri Yordania Taher Masri mengejutkan kalangan media dan politisi Arab dengan pernyataan bahwa faksi pejuang Hamas, terutama di Gaza, sedang melakukan “provokasi” dan memiliki senjata baru untuk melakukan eskalasi militer. Kata “provokasi” digunakan oleh Masri meminjam istilah yang digunakan oleh Rezim Zionis Israel.

Dia menilai Hamas menginginkan eskalasi militer dan memiliki kesiapan yang lebih baik untuk memasuki babak konfrontasi militer dengan Israel. Dia memperingatkan bahwa urusan Palestina sekarang berada dalam “konteks penuntasan dan pemberian sentuhan-sentuhan terakhir” dan bahwa semua orang mengetahui bahwa realitas Palestina juga membawa resiko berbahaya bagi Yordania.

Masri berbicara mengenai serangkaian isu Palestina, regional dan internasional dalam sebuah pertemuan malam khusus Ramadhan atas undangan sindikat Jurnalis.

Dia mengungkapkan perkiraan dan informasi yang menunjukkan bahwa dalam “Perang Pedang Quds” tahun lalu Hamas menggunakan “bagian yang sangat kecil dari kemampuan misilnya”, dan bisa jadi sekarang memiliki senjata baru dan canggih yang lebih efektif dan menyakit bagi Israel.

Atas dasar itu, Masri memperkirakan bahwa Hamas tidak keberatan terhadap eskalasi militer, dan bahkan mungkin mencarinya pada beberapa tahap, terutama karena semua jalur negosiasi dan proses perdamaian telah buntu.

Dia meminta orang-orang Yordania menyadari bahaya dan obsesi Israel terhadap pemerintah dan rakyat Yordania kali ini karena, menurutnya, Israel sama sekali sudah bukan lagi mitra dan sahabat Yordania dalam upaya perdamaian.

Masri juga menegaskan bahwa Arab sekarang sudah menelantarkan Yordania dan Palestina dalam menghadapi berbagai dampak-dampak sensitif dan krusial. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Al-Aqsa Meradang, Hamas: Hanya ada Dua Pilihan

Berbagai Negara dan Organisasi Islam Kutuk Brutalitas Israel di Masjid Al-Aqsa

 

DISKUSI: