Aden, LiputanIslam.com –  Pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansor Hadi menuding Uni Emirat Arab (UEA) telah melancarkan serangan udara terhadap milisi di kota Aden dan provinsi Abyan di bagian selatan Yaman.

“Kami mengecam serangan udara Emirat terhadap pasukan kami di Aden dan Zanjibar, yang telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka di kalangan sipil maupun di kalangan pasukan ini,” ungkap Hadi, seperti dikutip oleh wakil menteri luar negerinya, Mohammad al-Hadhrami, melalui halaman Twitter-nya, Kamis (29/8/2019).

Al-Hadhrami menyatakan bahwa UEA bertanggungjawab penuh atas “serangan brutal”-nya, dan bahwa serangan ini melanggar hukum dan konvensi internasional.

Baca: Petinggi Ansarullah Jelaskan Konfrontasi di Kubu Saudi-UEA di Aden

Dia kemudian memuji Kerajaan Arab Saudi karena berpihak kepada apa yang disebutnya “perintahan berlegitimasi.”

Dia juga mendesak masyarakat internasional, terutama Dewan Keamanan PBB, mengutuk serangan udara itu dan menunaikan tanggungjawabnya menjaga keamanan, perdamaian, dan integritas Yaman.

Sementara itu, reporter al-Alam di Yaman melaporkan lebih dari 40 orang pasukan loyalis Mansour Hadi tewas terkena serangan udara UEA di tengah pertempuran antara pasukan Dewan Transisi dan pasukan Mansour Hadi di kawasan Khur Maksar di Aden.

Baca: Koalisi Saudi Bombardir Bandara Sanaa

Sumber Yaman menyebutkan bahwa pasukan Dewan Transidi yang didukung UEA kembali disebar di Aden dan beberapa provinsi lain serta merebut sejumlah kota di Yaman selatan.

Portal berita al-Yamani al-Youm menyebutkan bahwa pasukan itu berhasil merebut kembali markas Brigade V dan kantor adminitrasi keamanan di Lahij beberapa jam setelah markas itu jatuh ke tangan pasukan Hadi.

Sumber lokal mengatakan bahwa pasukan Al-Hizam al-Amni (Sabuk Pengaman) yang pro-UEA pada Kamis pagi telah menguasai  kawasan al-Alam di bagian timur kota Aden.

Sumber itu juga menyebutkan bahwa pasukan bantuan pendukung Dewan Transisi bersama dengan persenjataan lengkapnya telah masuk ke beberapa provinsi di Yaman selatan dari empat provinsi. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*