Mandiri dan Siap Ekspor Peralatan Anti-Corona, Iran Gusarkan Musuh

0
1232

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran mengaku sudah mandiri dalam produksi berbagai peralatan anti-virus corona (Covid-19), dan karena itu negara republik Islam ini bahkan juga menyatakan siap untuk memulai ekspor produk-produk itu.

“Sekarang kami mandiri dalam penyediaan obat-obatan, masker, peralatan diagnosis, bahan desinfeksi dan alkohol,” kata Kepala Administrasi Makanan dan Obat-Obatan Iran, Mohammadreza Shanehsaz, Senin (27/4/2020).

Dia menambahkan bahwa mengingat adanya produksi massal produk-produk itu oleh perusahaan –perusahaan berbasis sains dan farmasi Iran, negara ini siap untuk mengekspor alat-alat penanggulangan wabah Covid-19.

Shanehsaz menyebutkan bahwa sains farmasi Iran tumbuh sangat pesat sehingga obat apa pun yang dikembangkan di dunia akan dipribumikan dan diproduksi secara massal di Iran dalam waktu kurang dari dua tahun.

“Saat ini, 97% dari kebutuhan negara ini untuk obat di semua bidang diproduksi oleh spesialis Iran,” tuturnya.

Biosensor Sel Kanker

Di hari yang sama, peneliti Iran dari Universitas Teknologi Sharif, Teheran, menyatakan telah memproduksi biosensor buatan dalam negeri berbasis nanoteknologi untuk mendiagnosis sel kanker.

“Kami menggunakan nanoteknologi untuk memproduksi biosensor ini. Ini dapat diterapkan untuk mendiagnosis berbagai jenis kanker, ” kata Elaheh Kazzemi Rahmatabadi, salah seorang peneliti di universitas tersebut.

“Dalam metode ini, kami bekerja pada sampel sel orang dan mengukur jumlah enzim telomerase, dan ketinggian tingkat enzim ini mengindikasikan kanker,” tambahnya.

Peneliti rekayasa bahan Iran dari Universitas Teknologi Sharif  sebelumnya juga menghasilkan biosensor untuk diagnosis dini kanker.

Sensor itu terbuat dari bahan berstruktur nano, memiliki sensitivitas dan stabilitas tinggi, dan dapat diproduksi dengan metode hemat biaya.

Baca: Iran Capai Swasembada dalam Produksi Semua Kebutuhan Militer

Kegusaran Musuh

Sehari sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan kesiapan Iran untuk mengekspor produk-produk higienis ke negara-negara lain untuk membantu mereka dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Menurutnya, negara-negara sahabat Iran terkesima melihat kemampuan Iran mengekspor desinfektan tambahan ke negara-negara yang membutuhkan di saat Iran sendiri mati-matian memerangi wabah tersebut.

Baca: Jokowi dan Rouhani Tekankan Peningkatan Kerjasama Bilateral

“Di masa mendatang kami bahkan mungkin dapat mengekspor beberapa barang-barang higienis lain dan alat tes,” ujarnya Rouhani.

Dia menambahkan, “Musuh (Amerika Serikat dan sekutunya) berpikir bahwa dua tahun sanksi keras mereka dapat menghancurkan Iran, tapi sekarang mereka frustrasi dan gusar setelah melihat ketanggapan Iran terhadap penyakit ini jauh lebih baik daripada yang mereka lakukan sendiri.” (mm/fna)

DISKUSI: