Jokowi dan Rouhani Tekankan Peningkatan Kerjasama Bilateral

0
623

Teheran,LiputanIslam.com-Kepala Negara Indonesia dan Republik Islam Iran bicara tentang hubungan persaudaraan yang terus meningkat antara kedua negara. Presiden Jokowi dan Hassan Rouhani menekankan pentingnya penguatan hubungan dan kerjasama Jakarta-Teheran di segala bidang dalam rangka mewujudkan kepentingan kedua bangsa.

Dalam pembicaraan via telepon Senin siang (27/6), Jokowi dan Rouhani saling memberi ucapan selamat atas tibanya Bulan Ramadan kepada pemerintah dan rakyat kedua negara. Mereka berharap bahwa Bulan Ramadan akan mendatangkan keberkahan bagi semua Muslim.

Jokowi dan Rouhani juga membicarakan pandemi Corona di dunia dan perencanaan kedua negara untuk menghadapi penyebaran virus tersebut.

Indonesia dan Iran menekankan peningkatan kerjasama dalam hal ini, juga pertukaran pengalaman, pencapaian ilmiah dan teknologi, serta pemenuhan kebutuhan satu sama lain.

“Republik Islam Iran telah meraih keberhasilan di bidang keilmuan, teknologi, dan pembuatan perangkat-perangkat medis yang dibutuhkan, seperti test kit, ventilator, alat city scan, dan masker N-95. Iran siap bekerjasama dengan Indonesia di bidang ini,”kata Rouhani.

Kedua Kepala Negara menyinggung hubungan persahabatan dan bersejarah Indonesia-Iran. Mereka berharap, berlangsungnya rapat ke-13 Komisi Gabungan Kerjasama kedua negara akan mempercepat implementasi kesepakatan bilateral dan penguatan hubungan Jakarta-Teheran.

Rouhani menegaskan, sanksi-sanksi AS atas Iran saat ini berlawanan dengan hak-hak asasi manusia.”Penentangan-penentangan ilegal dalam situasi ketika semua negara sedang melawan Corona, adalah hal yang sangat membahayakan,”tandas Rouhani.

Dalam kontak telepon itu, Presiden Jokowi mengutarakan kegembiraannya atas keberhasilan Iran dalam melawan Corona.

“Saat ini, Corona telah menciptakan kondisi yang sulit bagi dunia. Dalam situasi sekarang, semua negara, terutama negara-negara Islam, harus saling membantu,”kata Jokowi. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Capai Swasembada dalam Produksi Semua Kebutuhan Militer

Rouhani: Iran Pantau dari Dekat Pergerakan Pasukan AS di Kawasan Teluk

DISKUSI: