Majelis Umum PBB Desak Israel Mundur dari Golan Suriah

0
228

NewYork, LiputanIslam.com –   Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) denganpersetujuan  suara mayoritas kembali merilis resolusi yang menegaskan kedaulatan Suriah atas Golan yang diduduki Israel, dan menyatakan bahwa semua tindakan rezim pendudukan Israel di sana sia-sia dan tak berlaku.

Sebanyak 88 negara mendukung draft resolusi tersebut, sementara 8 negara serta Rezim Zionis Israel menolaknya, dan 62 negara abstain.

Resolusi tersebut menuntut Israel angkat kaki dari seluruh wilayah pendudukan Golan Suriah sampai garis yang ditetapkan pada 4 Juni 1967, dan mematuhi keputusan yang terkait dengan Golan, terutama Resolusi No. 497 tahun 1981, yang menganggap keputusan Israel memberlakukan hukum, yurisdiksi dan pemerintahannya pada Golan sia-sia, invalid, dan tidak memiliki efek hukum internasional.

Keputusan tersebut menegaskan kembali bahwa semua tindakan yang diambil oleh Israel dengan tujuan mengubah karakter Golan Suriah adalah batal demi hukum dan merupakan pelanggaran terbuka terhadap hukum internasional dan Konvensi Jenewa terkait dengan perlindungan warga sipil di masa perang, dan bahwa tindakan tersebut, termasuk pernyataan Presiden AS Donald Trump mengenai Dataran Tinggi Golan dan semua tindakan sepihak AS terkait dengan Golan Suriah, tidak memiliki efek hukum.

Resolusi tersebut kembali meminta negara-negara anggota PBB untuk tidak mengakui tindakan apa pun yang bertentangan dengan hukum internasional yang telah diambil Israel di wilayah pendudukan Golan Suriah. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Tegang dengan Iran, Israel Mulai Terima Kapal Perang Canggih dari Jerman

Sekjen PBB: Perluasaan Proyek Permukiman Israel di Tepi Barat Tertinggi dalam 4 Tahun  Terakhir

DISKUSI: