Liga Arab Dilanda “Pertempuran Sengit” Mengenai Nomalisasi Arab-Israel

0
112

Beirut, LiputanIslam.com –   Sumber diplomatik mengungkapkan terjadinya percekcokan sengit dalam tubuh Liga Arab serta adanya gerakan untuk mengisolasi perjuangan Palestina dan desakan agar “Kesepakatan Abad Ini” diterima.

Sumber-sumber itu mengungkapkan kepada saluran TV Al-Mayadeen yang berbasis di Libanon bahwa “ada upaya di Liga Arab untuk mengkarantina masalah Palestina dan meyakinkan Palestina tentang kesepakatan Trump.”

“Ada negara-negara Arab yang mencegah Palestina untuk membahas atau mengutuk langkah normalisasi Israel-Uni Emirat Arab (UEA)… Beberapa negara bertindak arogan dan mengintimidasi Palestina melalui pengaruh mereka dan dukungan dari negara-negara kaya, ” terang sumber itu.

Sumber itu menyebut apa yang sedang terjadi di Liga Arab sebagai “pertempuran sengit” yang terjadi secara rahasia.

“Palestina sedang berperang melawan upaya untuk membungkamnya dan mencegahnya menolak normalisasi,” ujarnya.

Beberapa sumber menyatakan adanya penolakan terhadap permintaan Palestina untuk pertemuan darurat Liga Arab guna menggalang penolakan normalisasi UEA-Israel, karena adanya keberatan dari Bahrain.

Selain itu, Palestina juga meminta klausul penolakan normalisasi di sela-sela sidang reguler yang dijadwalkan pada tanggal 9 bulan ini.

Sumber tersebut menambahkan bahwa “Bahrain menolak permintaan Palestina untuk menempatkan klausul yang menolak normalisasi di sela-sela sesi reguler” dan bahwa Bahrain mengintimasi Palestina dengan ancaman bahwa Manama justru akan menempatkan klausul yang mendukung normalisasi dan mempromosikan Kesepakatan Abad Ini. (mm/raialuoum)

Baca juga:

Faksi-Faksi Palestina Sepakat Bentuk Komisi Penyelesaian Perpecahan

Ini Kata Emir Qatar Kepada Kushner Soal Israel

 

 

DISKUSI: