Liga Arab: Aksi Israel Berpotensi Picu “Perang Agama”

0
53

Potret pertemuan Liga Arab

Kairo, LiputanIslam.com  Liga Arab memperingatkan potensi bahaya tersulutnya perang bermotif agama dari aksi-aksi rezim Zionis Israel terhadap status quo kompleks Masjid al-Aqsa.

Sekretariat Jenderal Liga Arab, Ahad (15/5), mengeluarkan peringatan demikian pada momen Peringatan Hari Nakba yang ditandai oleh orang-orang Palestina dan para simpatisan mereka dengan unjuk rasa mengenang tragedi 1948 di mana rezim Zionis Israel mendeklarasikan eksistensinya menyusul perang kaum Zionis yang didukung Barat melawan beberapa negara sekitar.

Di bawah perlindungan pasukan Israel, para pemukim Zionis setiap hari menyerbu kompleks Al-Aqsa, yang merupakan situs tersuci ketiga umat Islam sedunia setelah Masjidil Haram dan Madinah Al-Munawwaroh.  Para pendatang Zionis itu kerap menyerang warga Muslim maupun Kristen Palestina, yang berkumpul di komplek itu untuk beribadah dan melakukan aktivitas keagamaan.

“Serangan ini merupakan pelanggaran besar terhadap hukum internasional, dan menghalangi upaya internasional yang bertujuan membangun perdamaian,” tegas Liga Arab.

Organisasi negara-negara Arab ini menyebut serangan Israel berpotensi mengobarkan kekacauan dan instabilitas di kawasan, yang “dapat menyeret  (seluruh) kawasan pada  kekerasan dan memulai perang agama,” tambahnya.

Sekretariat Liga Arab menyatakan bahwa Tragedi Nakba sudah berlalu sekitar tujuh dekade, tapi orang-orang Palestina masih mengalami dampak tragedi itu dan menjadi korban pelanggaran-pelanggaran yang mengancam  eksistensi, tanah, hak, dan kesucian mereka.

Liga Arab menyebutkan beberapa contoh agresi Israel, termasuk penghancuran rumah dan pengusiran warga Palestina serta “eksekusi lapangan” terhadap mereka, termasuk pembunuhan jurnalis ternama Shireen Abu Akleh.

Liga Arab mendesak Dewan Keamanan PBB turun tangan mendukung rakyat Palestina dan pelaksanaan resolusi PBB yang mengutuk pendudukan dan agresi rezim Israel.

“Dewan Keamanan harus segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan, yang akan memberikan tekanan pada otoritas pendudukan Israel untuk mengakhiri pelanggaran mereka terhadap bangsa Palestina,” tegas Liga Arab. (mm/presstv)

Baca juga:

Pertama Kali, Ini Pengakuan Tentara Israel Penembak Shireen Abu Aqleh

Diancam akan Dihabisi Israel, Yahya Sinwar Malah Muncul dan Menantang

DISKUSI: