Ledakan Dekat Fasilitas Nuklir Natanz Iran Dinyatakan Berasal dari Ujicoba Sistem Rudal

0
388

Teheran, LiputanIslam.com –  Sebuah ledakan besar dan kilatan cahaya di langit dilaporkan terjadi di Badroud, 20 km dari fasilitas nuklir Natanz, Iran, sekitar 20:15 waktu setempat, Sabtu (4/12).

Disebutkan bahwa ledakan keras terdengar di dekat fasilitas nuklir tempat pengayaan uranium yang pernah menjadi sasaran serangan sabotase tersebut, namun media pemerintah menyatakan bahwa ledakan itu berasal uji coba sistem pertahanan udara tanpa ada kerusakan apapun.

Insiden itu terjadi ketika Israel telah berulang kali mengancam Iran dengan aksi militer dan bersumbar tidak akan membiarkan Iran memperoleh senjata nuklir.

Komandan pertahanan udara di kota Natanz mengatakan bahwa sistem pertahanan udara melepaskan tembakan “dengan tujuan mengevaluasi kesiapan lapangan” dalam ujicoba sebuah sistem  sehingga “tak ada yang perlu dikhawatirkan”.

Dia menambahkan bahwa ujicoba itu dilakukan “dalam suasana aman dan setelah ada koordinasi sebelumnya”.

Sementara itu, perunding nuklir Iran Ali Bagheri Kani menyatakan bahwa menyerang Iran merupakan merupakan “mimpi bermakna” bagi Israel.

“Para Zionis bermimpi menyerang Iran, tapi itu tak lain adalah mimpi yang sama sekali tak dapat ditakwilkan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dalam sebuah statemen yang dimuat oleh surat kabar Yediot Ahronoth bersumbar, “Mungkin tidak ada jalan keluar dari serangan terhadap Iran, dan kami sedang mempersiapkan kemungkinan ini.” (mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

AS Tuding Iran Tak Serius Soal Pemulihan Perjanjian Nuklir

Eropa Kecewa, Iran Tegaskan Usulannya dalam Perundingan Nuklir Memiliki Dasar Hukum

DISKUSI: