Ledakan Bom Tewaskan Sejumlah Anggota Taliban, ISIS Bertanggungjawab

0
191

Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris ISIS Wilayah Khorasan menyatakan bertanggungjawab atas bebera ledakan yang menyasar Taliban, termasuk di Jalalabad, tempat kawanan ISIS bersarang di Afghanistan timur.

Dalam dua pernyataan terpisah melalui media propaganda ISIS, Amaq, Minggu (19/9), kelompok teroris itu menyatakan bahwa “pasukan khilafah” telah meledakkan empat bom yang menyasar peralatan milik “milisi Taliban yang murtad” di Jalalabad, ibu kota provinsi Nangarhar. Menurut pernyataan itu, serangan itu telah menjatuhkan korban tewas dan luka.

ISIS juga menyebutkan bahwa serangan lain juga menerjang mobil militer Taliban di kota yang sama hingga menjatuhkan beberapa korban.

Sebelumnya, surat kabar lokal Afghanistan mengutip pernyataan para saksi mata bahwa sejumlah anggota Taliban dilarikan ke rumah sakit pada hari Ahad akibat ledakan di dekat sebuah persimpangan jalan yang mengarah ke Kabul.

Taliban sendiri menyatakan bahwa tiga ledakan yang satu diantaranya menyasar mobil Taliban menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai 19 lainnya.

Serangan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan ISIS terhadap Taliban sejak tentara AS meninggalkan Afghanistan pada 30 Agustus 2021 setelah bercokol di negara ini selama 20 tahun.

Pada 26 Agustus, ISIS Wilayah Khorasan juga mengaku bertanggungjawab atas serangan yang menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk 13 tentara AS, di Bandara Kabul pada 26 Agustus.

Taliban kembali berkuasa di Afghanistan sejak pertengahan Agustus lalu setelah pemerintahan yang didukung AS terguling. Taliban berjanji untuk menegakkan perdamaian dan memulihkan keamanan, dan menyatakan bahwa berakhirnya keberadaan militer Barat di Afghanistan dapat menyudahi kekerasan yang mendera negara ini selama sekian abad. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Serangan AS  Tewaskan Warga Sipil, Menhan AS Cuma Minta Maaf

Taliban Minta Masyarakat Internasional Akui Pemerintahan Sementara Afghanistan

DISKUSI: